Otofemale.id - Berbarengan dengan musim mudik Lebaran 2019, tiba-tiba nama warung kaki lima Bu Anny jadi viral.
Warung Bu Anny yang ada di Tegal, Jateng itu jadi viral gegara keluhan pembeli yang disampaikan ke media sosial.
(Jadwal buka puasa hari ke-26 Ramadhan 1440H untuk Jakarta dan sekitarnya, jam 17.47 WIB).
Baca Juga: Sadis, Disini Ban Standar City Car Jadi Incaran Maling
Di warung kaki lima yang ada di Jalan HOS Cokroaminoto, Slawi, Tegal tersebut, pembeli kena 'dor' (baca: tembak harga) dengan harus membayar Rp 700 ribu.
Tagihan sebesar itu untuk makanan porsi 2 orang dengan hidangan seafood yang terdiri dari kepiting telur, udang windu dan cumi cumi.
Meski akhirnya disepakati hanya banyar rp 300 ribu, namun banyak netizen yang menghujat Warung Bu Anny.
TIPS BIAR TIDAK KENA DOR
Pemilik warung 'nge-dor' pembeli, bisa terjadi tidak hanya di Warung Bu Anny.
Aji mumpung musim mudik lebaran, ada saja pemilik warung yang nakal dengan mencoba menaikkan harga.
Baca Juga: Untuk Mekanik, Federal Oil Siapkan Bus Gratis Buat Mudik Bareng
Nah pemudik yang berniat istirahat di tengah perjalanan dan putuskan mampir ke warung, wajib lakukan beberapa hal ini.
Otofemale.id mengutip dari berbagai sumber, ada 4 hal yang bisa dilakukan agar tidak kena 'dor' pemilik warung.
Baca Juga: Sudah Menang Banyak, Pakai Assalamualaikum Maling Kembalikan Ertiga Curian
1. Menu ada daftar harga
Dengan melihat menu yang ada daftar harganya, kamu bisa memperkirakan berapa yang nanti nanti yang harus dibayar.
Selain itu dengan menu ada daftar harganya, kamu terhidar dari shock melihat tagihan makanan yang sudha dipesan.
Baca Juga: Mudik Asik, Awas Kaca Belakang Mobil Jangan Tertutupi Barang Bawaan
2. Tanya harga sebelum pesan
Dengan alasan tertentu, ada juga pemilik warung yang tidak mencantumkan daftar harga di menu.
Kamu tidak perlu curiga dulu, melihat hal seperti itu.
Tanyakan harga makanan yang hendak dipesan, jadi cara untuk menghindari kena 'dor'.
3. Catat makanan yang kamu pesan
Biar terhidar dari barang selundupan, catat makanan yang kamu pesan dan sekalian harganya.
Jangan sampai kamu membayar makanan yang tidak dipesan.
4. Minta rincian makanan
Kalau kamu enggan untuk mencatat makanan yang dipesan, saat bayar jangan lupa minta rincian harga.
Ini menghindari kamu harus membayar udang goreng 2 porsi, padahal pesannya hanya 1 porsi.