Gunung Merapi Erupsi, Bodi Mobil Tertutup Abu Vulkanik Jangan Langsung Dilap

Kamis, 13 Februari 2020 | 18:09
@BPPTKG

Gunung Merapi alami erupsi, semburkan abu vulkanik setinggi 2.000m (13/2/2020).

Otofemale.id - Tadi pagi tepatnya jam 05.15 WIB, Gunung Merapi mengalami erupsi (13/2/2020).Erupsi Gunung Merapi di awal tahun 2020 ini, semburkan abu vulkanik setinggi 2.000 meter.

Baca Juga: Remeh Banget Nih, Tapi 4 Hal Ini Hukumnya Wajib Dilakukan Saat Pakai Safety BeltTerjadinya erupsi Gunung Merapi, dibenarkan oleh petugas pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Kaliurang, Lasiman."Iya benar, pukul 05.15 WIB," ungkap Lasiman yang dilansir Otofemale.id dari Kompas.com.

Baca Juga: Tak Perlu Panik! Segera Lakukan Hal Ini Kalau Ladies Sedang Nyetir Saat Gempa Bumi MelandaNgomongin soal abu vulkanik, itu bukan merupakan abu seperti pada umumnya.Abu vulkanik itu butirannya lebih besar dan berasal dari potongan kecil bebatuan, mineral dan juga kaca vulkanik.

Makanya kalau sampai kaca mobil tertutup abu vulkanik, jangan langsung dibersihkan dengan menyalakan wiper.

Malah akan picu baret pada kaca mobil kesayangan ladies.

Baca Juga: Honda Civic Hatchback Pakai Emblem RS, Harganya Nyaris Setengah Miliar RupiahHal yang sama, juga sudah pasti terjadi pada bodi mobil kalau bersihkan debu erupsi gunung dengan cara langsung dilap.

@BNPB_Indonesia

Kaca dan bodi mobil tertutup abu vulkanik, jangan langsung dilap (ilustrasi).

Agar kaca dan bodi mobil nggak baret gegara abu vulkanik, maka cara bersihkannya dimulai dengan menggunakan air mengalir.Harapannya dengan menggunakan air mengalir, debu erupsi gunung akan ikut larut.

Baca Juga: Jadi Tempat Pertama Kali Munculnya Virus Corona, Tengok Jalanan di Wuhan yang Sudah Seperti Kota MatiSelanjutnya, pastikan tidak ada lagi debu erupsi gunung yang menempel di kaca atau bodi mobil.Kalau memang sudah bersih, baru deh kaca dan bodi mobil bisa dilap sampai bersih.

Oh ya, meski abu vulkanik itu secara material tidak berbahaya pada permukaan bodi mobil.Namun jangan tunggu terlalu lama untuk membersihkannya.Bodi mobil dibiarkan terlalu lama tertutup abu vulkanik, bisa timbulkan bercak.Kalau sudah timbul bercak pada bodi mobil, jadi tidak gampang bersihkannya.Air mengalir saja tidak cukup untuk membersihkan bercak tersebut.Butuh biaya lebih, untuk membuat bodi mobil terlihat bersih lagi karena harus dipoles.

Editor : Octa

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya