Ngabuburit di Rumah Aja, Skutik Honda BeAT Jarang Dipakai Jangan Kelupaan Perawatan Aki

Jumat, 15 Mei 2020 | 14:27
octa saputra/Otofemale.id

Skutik Honda BeAT anyar (ilustrasi).

Otofemale.id - Skutik Honda BeAT milik ladies, sekarang ini pastinya banyak nganggur di rumah.

Jangan sampai gegara kebanyakan nganggur, skutik Honda BeAT ladies alami masalah.

Baca Juga: Ngabuburit Di Rumah Aja, Dipakai Tiap Hari Begini Loh Cara Rawat Helm Kesayangan Ala Honda

Misalnya jadi susah dihidupkan dengan elektric starter gegara aki nggak kuat.

Menghindari aki bermasalah akibat motor jarang dipakai, maka part tersebut harus ditreatment alias perawatan.

Baca Juga: Darurat Aksi Begal, Begini Cara Untuk Menyelamatkan Diri Dari Pelaku

Dari PT Astra Honda Motor, begini melakukan treatment pada aki motor.

1. Cukup memanasi mesin sepeda motor dirumah tanpa harus dikendarai, hal ini dapat dilakukan secara berkala yakni sehari sekali dan ini sangat penting untuk menjaga kualitas aki maupun mesin sepeda motor.

Menurut Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM),"Dengan kondisi sekarang, para pemilik sepeda motor sebaiknya memanaskan sepeda motornya selama 3-4 menit

untuk menjaga kualitas aki sehingga tetap memberikan suplai arus listrik ke part komponen kelistrikan sepeda motor dan menyimpan energi listrik dengan baik".

Baca Juga: Jelang Lebaran, Beli Skutik Honda Berbadan Bongsor Dapat Cashback Lebih Dari Rp 1 Juta

2. Apabila adanya pemasangan aksesoris atau part modifikasi yang menggunakan energi listrik, perlu diperhatikan saat melakukan pemasangan dengan memastikan sumber arus listrik yang akan digunakan.

"Jika ingin memodifikasi seperti lampu, klakson ataupun part yang membutuhkan kelistrikan, perlu menambahkan sekring tersendiri untuk menghindari korsleting atau terputusnya arus listrik pada sepeda motor," papar Endro Sutarno.

Baca Juga: Nekat Terjang Banjir, Ladies Pengendara Skutik Wajib Tahu Dulu Beberapa Hal Ini

3. Bagi pada pemilik sepeda motor yang menggunakan aki basah, perlu dilakukan pengecekan secara berkala terhadap jumlah debit air aki.

Pada komponen aki, terdapat tanda batas jumlah debit air aki atau yang disebut upper lower.

"Periksa jumlah debit air aki, jika debit air kurang maka diharuskan melakukan penambahan air aki sebatas garis upper yang tertera pada aki basah," ujarnya.

4. Aki yang mengalami masalah seperti soak bukan berarti harus memutuskan membeli aki yang baru, namun perlu juga dicek sistem pengisian daya listriknya.

"Sering terjadi anggapan bahwa aki soak harus diganti dengan yang baru, namun bisa saja penyebabnya ada masalah di pengisian daya listrik yang masuk ke dalam aki.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan sistim pengisisanya disepeda motor," ungkap Endro Sutarno.

Tag

Editor : Octa