Warna Dasar Rambu Lalu Lintas di Jalan Tol Itu Ada Artinya, Bukan Asal Terlihat Mata Saja

Jumat, 14 Agustus 2020 | 20:03
Kursusmengemudi.id

Rambu penunjuk jalan (Ilustrasi)

Otofemale.id - Di sepanjang jalan tol pasti akan ladies temukan rambu penunjuk arah yang berguna untuk petunjuk arah.Tapi rambu penunjuk arah bukan cuma untuk memberitahukan jalan saja, ada juga yang berguna untuk memberikan informasi lainnya.

Baca Juga: Harga Seken Suzuki Ertiga GX Matic Dari Keluaran Pertama, Manteng Dari Rp 120 JutaInformasi itu mengenai pemberitahuan tentang peraturan di jalan tol seperti kecepatan rata-rata, dilarang menggunakan bahu jalan, dan sebagainya.Rambu penunjuk jalan itu pun punya berbagai macam warna latar, ada yang kuning, hijau, biru, putih, bahkan cokelat.

Baca Juga: MG HS Pilihan Baru Medium SUV, Harganya Cuman Rp 369 Jutaan Tapi ladies tahu enggak kalau setiap warna latar rambu ternyata punya maksud yang berbeda-beda juga.Bukan tanpa alasan, tapi warna rambu yang berbeda-beda dibuat secara sengaja.

Untuk mewujudkan lalu lintas jalan yang aman, nyaman, dan selamat.Melansir Kompas.com, Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) Edo Rusyanto mengatakan, setiap warna mempunyai makna berbeda-beda yang harus disikapi oleh para pengemudi.

Baca Juga: Harga Seken Suzuki Ertiga GX Matic Dari Keluaran Pertama, Manteng Dari Rp 120 Juta"Untuk menyegarkan ingatan kita, warna hijau bermakna sebagai petunjuk informasi.Misal, informasi mengenai lokasi atau tempat," ucap Edo.

Baca Juga: Jaksa Pinangki Diduga Terima Suap Milyaran Rupiah dari Djoko Tjandra, Mobil Mewahnya Cuman Alphard?Selain warna hijau, ladies juga pasti pernah menemukan penunjuk jalan yang berwarna coklat.Warna coklat itu untuk menunjukan lokasi wisata atau ruang publik, seperti museum, kebun binatang, dan lainnya.

Kemudian ada rambu yang memiliki warna biru yang untuk menandakan sebuah perintah dan warna merah untuk larangan.Lalu warna biru yang bermakna sebagai rambu perintah.

Baca Juga: Kenalan dengn 5 Fitur Canggih Dalam Mobil, Sayang Kalau DicuekinMisal, memerintahkan pengendara untuk berputar arah di lokasi yang sudah ditentukan."Sedangkan warna merah bermakna larangan, misal dilarang berhenti," kata Edo.

Baca Juga: Berburu Honda Brio Mesin 1.300cc, Keluaran 2012 Masih Rp 95 JutaanTerus biasanya ladies juga sering menemukan rambu jalan dengan warna kuning di jalan tol bukan?Nah warna kuning itu memiliki makna yang merupakan sebuah peringatan agar pengemudi bisa lebih waspada saat kendarai mobil.

Contohnya seperti rambu yang bertuliskan kurangi kecepatan, jalanan licin, atau daerah rawan kecelakaan.Ada juga rambu yang memiliki warna dasar putih dengan garis hitam yang menandakan batas akhir seperti menunjukan pintu keluar tol.Selain itu, ladies juga pasti pernah menemukan rambu yang berwarna dasar jingga.Rambu tersebut untuk menandakan bahwa sedang ada pekerjaan atau perbaikan jalan, biasanya bersifat sementara dan diawasi oleh petugas dari kepolisian."Sejatinya memang bukan semata paham akan jenis dan makna warna rambut. Para pengendara juga diharapkan sudi mengimplementasikannya, menerapkan dalam keseharian. Harapannya, lalu lintas jalan menjadi lebih aman, nyaman, dan selamat," himbau Edo.

Artikel ini telah tayang diKompas.com,judul : Belum Banyak yang Tahu, Ini Arti Warna Coklat dari Rambu Penunjuk Arah

Editor : Octa

Baca Lainnya