Bisa Bikin Aki Mobil Cepat Soak dan Minta Cepat Diganti, Jangan Lakukan 5 Hal Ini

Selasa, 18 Agustus 2020 | 17:09
Kompas.com

Servis aki mobil (Ilustrasi)

Otofemale.id - Tanpa ladies sadari ada banyak hal kecil yang bisa mengancam usia aki mobil.Kalau usia aki mobil sudah terancam, maka dampaknya adalah mesin mobil yang jadi cepat telat memberikan respon, contohnya seperti susah distarter.Parahnya lagi jika akhirnya mobil enggak mau menyala dan harus dibawa ke bengkel karena aki harus sudah diganti, padahal belum genap usia dua tahun.Nah kalau ladies mau aki mobil lebih awet dan menggantinya sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan, maka sebaiknya ladies harus menghindari 5 hal ini.1. Modifikasi mobil berlebihanModifikasi dalam artian memberikan atau mengubah aksesori mobil yang sudah diberikan oleh pabrik.

Seperti mengganti lampu mobil, mengubah speaker mobil, mengganti layar sentuh yang berfungsi sebagai hiburan, dan sebagainya.Nah jika aksesori baru untuk mobil itu memiliki tegangan listrik yang lebih besar dari batas listrik aki yang berlaku, efeknya aki bisa jadi soak.2. Keringnya air akiJenis aki ada yang kering dan ada yang basah, dimana aki basah harus rajin diisi ulang sebelum kehabisan.Kalau aki sampai kekurangan air, maka dampaknya bisa membuat aki soak.Sehingga ladies harus rajin-rajin mengisi ulang air aki mobil sebelum kehabisan air kemudian soak.3. Mesin mobil jarang dinyalakan/dipanaskanLadies yang punya mobil tapi jarang dipakai atau dipanaskan, mungkin sering banget mengalami mobil yang susah distarter.

Mobil yang jarang dipanaskan itu bisa jadi penyebab aki mobil jadi gampang rusak atau soak.Maka dari itu sebaiknya jangan sampai lupa untuk memansakan mesin mobil agar enggak gampang soak, 30 detik saja dalam sehari sudah cukup kok.4. Terlalu sering memakai mobilJika mobil dipakai sehari-hari untuk pulang-pergi kantor, pergi keluar untuk makan siang, hangout sama teman, dan kegiatan lainnya juga bisa bikin aki tekor atau soak.Itu karena pemakaian mobil yang sangat intense bisa mengurangi umur pakai aki sehingga boros dan cepat rusak.Jadi jangan bingung kalau misal aki sudah mulai rusak dan minta diganti padahal belum genap berusia dua tahun, usia rata-rata aki.

5. Memakai perangkat listrik yang berlebihanMemakai perangkat listrik yang berlebihan seperti menyalakan audio saat mobil mati, membiarkan lampu kabin menyala saat mobil di parkir, hingga menggunakan adaptor untuk mengisi daya smartphone bisa membuat aki cepat tekor.

Sebaiknya kurang-kurangi kebiasaan membiarkan lampu kabin, audio mobil, hingga penggunaan adaptor penambah daya baterai smartphone agar usia bisa lebih lama lagi.

Editor : Octa

Baca Lainnya