Avanza Terbalik Kelar Alami Ban Pecah, Perhatikan 5 Hal Ini Biar Nggak Alami Kejadian Serupa

Jumat, 25 September 2020 | 16:41
Istimewa

Mobil Avanza yang dikemudikan warga Kabupaten Pekakongan alami kecelakaan tunggal di ruas tol Batang-Semarang KM 415 + 750 Jalur A, Jumat (25/9/2020).

Otofemale.ID - Untuk kesekian kalinya, ban meletus jadi pemicu mobil alami kecelakaan.

Kali ini, ban Toyota Avanza yang meletus dan kejadiannya di jalan tol Batang-Semarang, Jawa Tengah (25/9/2020).

Baca Juga: Care and Cheers : Jaga Visibilitas Berkendara Saat Musim Hujan, Kenalan Yuk Dengan Coating Kaca

Kepala Humas PT Jasa Marga Cabang Semarang, Andi Susilo seperti dikutip dari TribunJateng katakan mobil Avanza warna hitam bernopol G 1895 AB melaju dari arah Pekalongan ke Semarang.

Sesampainya di lokasi mobil melaju di lajur 1 tiba-tiba ban depan sebelah kanan pecah sehingga sopir tidak dapat menguasai kendaraannya lalu menabrak median jalan dan terbalik.

Baca Juga: Sebelum Kejadian, Kenalan Dulu Yuk dengan Aquaplaning Pemicu Kecelakaan Saat Hujan

Kejadian ban pecah saat mobil melaju di jalan tol, seharusnya bisa dihindari bila pengemudi aware terhadap kondisi kendaraannya.

Agar kejadian ban mobil tiba-tiba pecah nggak terjadi, maka perhatikan 5 hal ini.

1. Gunakan tekanan udara yang sesuai pada ban utama dan ban cadangan (serep)Selalu pastikan ban dalam keadaan prima menggunakan alat untuk mengecek tekanan ban buat mobil yang belum ada fitur keterangan tekanan ban.Karena jika kempes atau tekanan udaranya berlebihan, ban mobil dikhawatirkan akan pecah di jalan.

Baca Juga: Musim Hujan Pilih Air Wiper yang Nggak Berbusa, Ini Alasannya2. Hindari muatan yang berlebihMobil yang diisi banyak orang atau benda hingga melebihi batas muatan yang dianjurkan maka bisa jadi penyebab ban mobil pecah.Jika ban mobil menahan beban yang terlalu berat akan membuat ban bekerja dengan ekstra di luar batas kemampuannya.

Baca Juga: Redam Emosi Saat Kemudikan Mobil, 3 Cara Ini Bisa Dilakukan Kalau ban sudah enggak sanggup lagi menahan beban tersebut maka ban bisa meletus tiba-tiba.3. Perhatikan kembangan atau alur banMengecek kemudian membersihkan sela-sela ban secara rutin juga bisa mencegah terjadinya pecah ban mobil lho ladies.

Itu karena sela-sela ban mobil bisa saja terselip benda asing seperti batu kerikil, paku, atau lainnya yang bisa menjadi penyebab ban pecah.Selain bikin ban mobil pecah, hal itu juga bisa bikin kemampuan cengkraman ban pada permukaan jalan.4. Periksa kondisi fisik banJika mobil sudah dimiliki selama bertahun-tahun dan belum pernah mengganti ban dengan yang baru, maka segeralah untuk memeriksakan kondisi fisik ban.

Baca Juga: Sandal Jepit Bukan Solusi Gantikan Sepatu yang Basah Saat Kendarai Mobil, Baca Lagi AlasannyaKalau ban mobil ladies sudah mengalami kerusakan seperti sobek atau retak, maka lebih baik untuk segera menggantinya dengan yang baru.5. Hindari melewati jalan rusakSelain membuat mobil mengalami guncangan yang keras, jalan rusak juga bisa bikin ban mobil jadi pecah jika terus menghantam jalanan rusak.Jika ban mobil terus-terusan mengalami benturan keras dengan jalan berlubang maka bisa membuat rajutan kawat baja pada ban rusak atau bahkan putus yang kemudian munculah resiko pecah ban.(*)

Editor : Octa

Sumber : Tribunjateng.com

Baca Lainnya