Perjalanan Liburan Jangan Sampai Terganggu AC Mobil Bermasalah, Kenali 3 Tandanya Sebelum Berangkat

Jumat, 23 Oktober 2020 | 15:17
Carparts.com

Menyalakan AC mobil (Ilustrasi)

Otofemale.ID - Melakukan perjalanan pakai mobil saat libur panjang, AC jadi fitur yang penting banget.

AC bermasalah saat lakukan perjalanan, yakin deh jadinya nggak nyaman.

Baca Juga: Kenalin Nih Ladies Fitur Steering Lock, Sering Bikin Keder Pengguna Mobil

Apalagi kalau perjalanannya dengan membawa balita, rewel deh gegara kabin mobil nggak sejuk.

Mengantisipasi agar AC bermasalah saat lakukan perjalanan nggak terjdi, maka sebelum berangkat pastikan beberapa tandanya.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Gelar Operasi Zebra 2020, Mulai Pekan Depan

Setidaknya ada 3 tanda yang bisa jadi indikator AC bermasalah atau aman sentosa sejuknya.

1. AC Tidak DinginTanda-tanda yang paling umum terjadi dan bisa dirasakan pemilik mobil adalah embusan AC yang sudah tidak dingin.

Embusan AC di ruang kabin yang tidak dingin mengindikasikan adanya kerusakan di bagian refrigerant atau freon AC.2. AC Mengeluarkan BauSelain tidak dingin, AC yang sudah menunjukkan tanda-tanda harus dibongkar adalah AC sudah mengeluarkan bau yang kurang sedap.

Baca Juga: Dijual Hanya 500 Unit, Segini Harga Xpander Cross Rockford Fosgate Black EditionAC yang mengeluarkan bau yang tidak sedap ini bisa diakibatkan oleh beberapa hal.Salah satunya adalah kondisi rumah blower AC yang mulai ditumpuki kotoran.

Baca Juga: Care N' Cheers : Kebiasaan Buruk Pengemudi Mobil Manual, Taruh Kaki di Pedal Kopling Itu Bisa Sebabkan 2 Hal IniAtau bisa juga bagian filter kabin sudah sangat kotor.3. AC Mati TotalTanda ketiga adalah kerusakan AC yang disebabkan oleh bagian elektronik AC atau mekanis yang membuatnya mati total.

Kerusakan elektrik seperti ada kabel yang putus atau tombol di bagian kontrol dashboard sudah rusak.Bila sudah begini maka harus dilakukan perbaikan menyeluruh.Kompresor AC pun harus dilakukan pengecekan.(*)

Editor : Octa

Baca Lainnya