Care N' Cheers : Hindari Bodi Motor Matik Alami Keputihan, Lakukan Ini Setelah Kehujanan

Rabu, 11 November 2020 | 23:14
kompas.com

Ilustrasi berkendara saat hujan (astramotor.co.id)

Otofemale.ID - Ladies jangan sampai cuekin saja kalau motor matik kesayangan kelar diajak hujan-hujan.

Pasalnya hal tersebut bisa picu keputihan pada bodi motor matik kesayangan.

Penjelasan ilmiah dari keputihan di bodi motor yang dicuekin saja kelar kehujanan karena adanya kandungan mineral pada air hujan.

Kandungan mineral yang dimaksud adalah zat besi dan bila sampai menempel serta mengering, bisa menjadi bercak putih atau bahasa kerennya water spot.

Nah water spot itu ada 2 macam, yang hanya menempel pada permukaan cat dan yang mengandung zat yang sifatnya korosif (seperti air laut yang kadar garamnya tinggi).

Baik water spot tipe pertama dan kedua, bisa dihindari dengan cara yang mudah.

Biasakan minimal guyur keseluruhan bodi motor setelah terkena air hujan.

Lalu dilanjutkan dengan mengelap bagian bodi sampai kering.

BATAS MOTOR MATIK

Saat ladies kendarai motor matik, apa yang dilakukan untuk hadapi genangan air?Sangat tidak disarankan, ladies kendarai motor matik untuk menerjang banjir.Apalagi yang ketinggian air banjirnya mencapai lebih dari 30cm.Alasannya sudah pasti, menerjang genangan air yang cukup tinggi miliki resiko besar mesin motor tiba-tiba mati.

Sampai kejadian motor mogok saat coba terjang banjir, bisa bikin tekor bandar.Pasalnya kondisi seperti itu, kerusakannya terjadi di dalam mesin.Itulah mengapa menerobos banjir di jalan ketika kendarai motor adalah hal yang enggak disarankan.Tapi ada beberapa kasus yang membuat ladies terpaksa harus menerjang air yang menggenang.Menghadapi kondisi yang tidak menguntungkan harus menerobos banjir, maka ladies wajib tahu beberapa hal ini.Bahwa batas aman untuk menerjang banjir pada motor skutik adalah tinggi air jangan sampai melebihi bagian dek.

Itu dikarenakan posisi filter udara skutik yang ada di bawah dan jadi rawan kalau menerobos banjir.Nggak usah ngebut, tapi ladies juga harus memastikan putaran mesin stabil.(*)

Editor : Octa

Baca Lainnya