Otofemale.ID - Motor matik jaman now, setidaknya memiliki 3 fitur keamanan.
Dan salah satu fitur kemanan di motor matik adalah side stand swich.
Baca Juga: Kendarai Motor Matik Saat Hujan, Andalkan Rem yang Mana Nih?
Sesuai dengan namanya, fitur side stand swich ini adanya di standar samping.
Dengan adanya fitur side stand swich, mesin motor matik mati saat standar samping masih dioperasikan.
Baca Juga: Turing Tipis-Tipis Pakai Motor Matik, Ingat Sisi Blind Spot Truk
Jadi fitur keamanan, side stand switch bisa bikin kecele yang nggak tahu.
Beberapa kasus kecele dengan side stand swich adalah motor yang nggak bisa menyala, meski kunci kontak sudah dalam posisi on.
Lah bagaimana bisa menyala, kalau standar sampingnya dalam posisi masih belum dinaikkan.
Atau dengan kata lain, fitur side stand swich masih dalam kondisi ON.
Baca Juga: Motor Matik Model Klasik Honda Scoopy, Update Harga Per Juni 2021
Standar samping naikkan dulu sebelum mesin dinyalakan, pasti tokcer deh.
CARA KERJA
Sering kelupaan menaikkan standar samping motor, jadi salah satu alasan lahirnya fitur keamanan side stand swich.
Lalu bagaimana cara kerja side stand switch tersebut?
Baca Juga: Motor Matik Yamaha 125cc, Harga Masih Ada yang Hanya Rp 15 Jutaan
Pada bagian side stand switch itu ada yang berhubungan langsung dengan ECM (Engine Control Module) atau juga bias disebut ECU (Engine Control Unit).
Dari ECM, nanti akan memutus pengapian saat standar samping posisi turun.
Mbok sampai budeg kalau posisinya seperti ini, mesin motor nggak bakal nyala (hehehe...).
Mesin motor baru bisa dinyalakan, setelah kunci kontak dalam posisi on dan standar samping dinaikkan(*)