Follow Us

Posisi Tangan Memegang Kemudi Mobil, Begini Loh yang Kekinian

Octa - Rabu, 06 Februari 2019 | 16:47
Posisi tangan pegang kemudi mobil ada yang kekinian
Otofemale.id

Posisi tangan pegang kemudi mobil ada yang kekinian

Otofemale.id - Saat mengemudikan mobil, posisi tangan memegang kemudi berkaitan dengan kenyamanan dan keselamatan berkendaraan.

Tapi nggak jarang, Otofemale.id melihat pengemudi hanya memikirkan kenyamanan saat memegang kemudi mobil.

Atau malah sebaliknya, posisi tangan memegang kemudi pas untuk keselamatan berkendara namun nggak nyaman.

Baca Juga : Nyetir Sambil Lihat Maps di Hape, Polisi Anggap Melanggar Hukum

Dari pantauan Otofemale.id, mobil kekinian dengan jelas menunjukan bagaimana posisi tangan memegang kemudi yang seharusnya.

Dan posisi tangan pada kemudi kekinian, berbeda dengan jaman dulu.

Mobil kekinian, posisi tangan dikemudi seperti jam 9-3
Otofemale.id

Mobil kekinian, posisi tangan dikemudi seperti jam 9-3

Posisi tangan jam 9-3

Ini jadi posisi memegang kemudi yang kekinian.

Dalam posisi arah jam 9-3, nggak sekedar untuk keselamatan berkendara tapi juga nyaman.

Saat pengemudi ingin membunyikan klakson, nggak perlu geser jauh posisi tangan memegang kemudinya.

Baca Juga : Beli Mobil Keluarga, Februari 2019 Daftar Lengkapnya Seperti Ini

Belum lagi kalau mau nge-sein atau menyemprotkan air wiper dan menyalakan wiper.

Mobil kekinian banyak yang memasukkan fitur ke kemudi, seperti Switch Audio Control, Bluetooth Phone Connection dan bahkan Padle Shift.

Bayangkan kalau posisi tangan pada kemudinya terlalu ke atas atau bahkan ke bawah.

Di kursus mengemudi, diajarkannya posisi tangan di kemudi ada di jam 10-2.
Otofemale.id

Di kursus mengemudi, diajarkannya posisi tangan di kemudi ada di jam 10-2.

Dulu posisi aman di jam 10-2

Posisi tangan ada di jam 10-2, jadi yang paling direkomendasikan pada jaman dahulu.

Karena posisi ini yang diajarkan saat seseorang ikut kursus mengemudi.

Namun fakta yang nggak bisa dipungkiri, bahwa teknologi mobil jaman old nggak sekomplit jaman now.

Baca Juga : Imlek Diperkirakan Hujan, Pengendara Mobil Jangan Lakukan 2 Hal Ini

Salah satunya adalah soal keberadaan fitur safety seperti airbag.

Dengan posisi tangan di jam 10-2, akan menghalagi airbag dikemudi yang meledak saat terjadi benturan.

Atau yang pasti, mobil jaman sekarang yang kemudinya miliki beberapa fitur jadi agak repot pengoperasiannya jika posisi tangan di jam 10-2.

Semakin sempit posisi tangan di kemudi mobil, semakin nggak rekomen
Otofemale.id

Semakin sempit posisi tangan di kemudi mobil, semakin nggak rekomen

Semakin sempit semakin nggak aman

Selain posisi tangan di jam 9-3 dan 10-2, ada juga loh yang karena kebiasaan pakai rumus 11-1.

Dengan posisi ini, semakin sempit sudut lebar tangan saat mengemudi.

Jadi kurang aman karena ada potensi tangan akan menyilang saat menghadapi kondisi darurat.

Selain itu, tangan punya kemungkinan besar terluka kalau sampai airbag meledak.

Posisi tangan kudu diluar kemudi
Otofemale.id

Posisi tangan kudu diluar kemudi

Posisi tangan di luar kemudi

Bagian luar kemudi, jadi yang paling aman untuk dicengkeram saat mengemudi.

Karena jika memegang setir di bagian dalam, kita tidak tahu seberapa jauh setir itu berputar.

Hasil yang berbeda jika saat mengemudi, bagian luar kemudi yang dipegang.

Jangan mengemudi dengan 1 tangan, bahaya
Otofemale.id

Jangan mengemudi dengan 1 tangan, bahaya

Jangan pakai satu tangan

Mengemudi mobil dengan satu tangan, amat sangat tidak dianjurkan alias dilarang.

Dengan hanya pakai satu tangan, reaksi saat mengemudi lebih beresiko kecelakaan dibanding dengan 2 tangan.

Pengemudi juga dikhawatirkan kehilangan kontrol atau susah mempertahankan jalur, jika mengemudi mobil hanya dengan tangan satu.

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest