Follow Us

Tekanan Angin Ban Mobil, Jangan Kurang Apalagi Kelebihan

Octa - Sabtu, 30 Maret 2019 | 14:54
Cek tekanan ban mobil 1 atau 2 kali seminggu
GridOto

Cek tekanan ban mobil 1 atau 2 kali seminggu

Otofemale.id - Mumpung weekend, coba cek and ricek tekanan angin pada ban mobil kamu.

Oh ya, Otofemale.id melansir dari beberapa sumber bahwa cek and ricek tekanan angin pada ban mobil sebaiknya dilakukan 1-2 kali seminggu.

Baca Juga : Lampu Hazard Mobil Masih Banyak yang Salah Kaprah

Tapi sebelum cek and ricek tekanan angin pada ban, lebih baik pastikan dulu buat mobil kamu berapa tekanan angin yang sesuai aturan.

Tidak perlu browsing di internet untuk cari tekanan angin yang sesuai.

Tinggal intip manual book atau seperti Toyota Kijang Innova tengok sticker tyre loading di frame pilar B sebelah kanan.

Baca Juga : Fitur NFC di Head Unit Xpander Bikin Si Galau Jadi Tenang

Pada sticker tersebut akan terbaca ukuran ban 205/65R16 dan tekanan angin standarnya 33 psi depan dan 33 psi belakang.

Tekanan angin pada ban belakang akan berubah jadi 36psi, bila sedang bawa penumpang atau barang.

Tekanan angin ban mobil tidak boleh kurang atau lebih
Toyota

Tekanan angin ban mobil tidak boleh kurang atau lebih

TIDAK BOLEH KURANG ATAU LEBIH

Tekanan angin pada ban, harus sesuai dengan anjuran standarnya.

Kurang atau bahkan kelebihan tekanan angin, dampak negatifnya macam-macam.

Baca Juga : Dari Transaksi Elektronik Nextnya Bayar Tol Tak Perlu Berhenti

Tidak hanya pada umur ban, tapi juga berdampak pada keamanan dan kenyamanan berkendara.

Contoh dampak negatif ban kurang angin pada safety driving.

Baca Juga : Ladies Parkir di Mall, Mending Maju atau Mundur

Dalam kondisi ban kurang angin membuat respon setir jadi berat dan lambat.

Lalu kalau ban kelebihan udara, membuat permukaan ban yang menapak di jalan lebih kecil dan akibatnya mobil akan kurang stabil saat kecepatan tinggi.

Ban kelebihan angin (ka), kurang angin (tengah), dan pas (ki)

Ban kelebihan angin (ka), kurang angin (tengah), dan pas (ki)

AKIBAT LAINNYA

Dalam kondisi tekanan angin pada ban kurang, maka tapak ban yang menempel di aslpal akanlebih banyak.

Akibatnya akan butuh tenaga mesin yang lebih besar untuk berjalan dan endingnya, konsumsi bahan bakar akan lebih boros.

Baca Juga : 7 Tips Anti Garong Modus Ban Mobil Kempis, Tempat Ramai Tak Jamin Aman

Membiarkan ban dalam kondisi kurang angin, akan memicu keausan yang tidak merata.

Dipastikan dalam kondisi ban kurang angin, maka bagian pinggir kiri dan kanan yang akan aus duluan daripada tengah.

Ban yang kempis juga bisa merusak kawat, benang ataupun karet ban.

Baca Juga : Ban Pajero Sport Kempis di Wates, Uang Setengah Milyar Melayang

Lalu apa akibat kalau tekanan angin diban berlebih? Getaran didalam mobil akan terasa lebih keras.

Bisa slip karena permukaan ban yang menapak di aspal lebih sedikit.

Dibiarkan terus-terusan kelebihan tekanan angin, maka tapak bagian tengah ban yang habis duluan.

Ban cadangan juga jangan lupa dicek tekanan anginnya secara berkala
GridOto

Ban cadangan juga jangan lupa dicek tekanan anginnya secara berkala

JANGAN LUPA BAN CADANGAN

Memeriksa tekanan angin pada ban cadangan juga wajib dilakukan.

Tujuannya jelas, supaya selalu siap saat dibutuhkan.

Dalam kondisi yang jarang digunakan, tekanan angin pada ban cadangan tidak bisa seperti ban utama.

Anjuran tekanan angin pada ban serep adalah 2 psi lebih keras dari ban utama.

Jadi kalau ban utama pada Toyota Innova ukuran standarnya 33 psi, maka ban serep kudu 35 psi.

Atau kalau kamu orangnya males cek and ricek, pastikan saja nam serep dapat tekanan angin maksimal yang bsia diterima.

Baru nanti pada saatnya dipakai, kurangi tekanan anginnya sesuai dengan yang disarankan.

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest