Follow Us

Erupsi Merapi Bikin Magelang Hujan Abu, Awas Bodi Mobil Baret

Octa - Jumat, 27 Maret 2020 | 16:18
Mobil tertutup abu vulkanik Gunung Merapi (ilustrasi).
Twitter

Mobil tertutup abu vulkanik Gunung Merapi (ilustrasi).

Otofemale.id - Lagi dan lagi, Gunung Merapi alami erupsi dengan ketinggian kolom abu mencapai 5km (27/3/2020).Hujan abu terjadi dalam radius 20km dari puncak letusan.

Baca Juga: Work from Home 14 Hari, Mobil Dalam Kondisi Parkir Ternyata Nggak Aman Tertutup CoverDampak dari erupsi Gunung Merapi sekitar pukul 10.56 WIB, hujan abu terpantau turun di sebagian wilayah kecamatan di Kabupaten Magelang.Salah satunya di Kecamatan Dukun, hujan abu yang bercampur pasir ini turun tak lama setelah erupsi.

Baca Juga: Mobil Jarang Pakai Tetap Kudu Dicuci Minimal Seminggu Sekali, Ini Alasannya Berdasarkan pantauan , abu dan pasir berwarna putih itu terlihat samar secara sepintas.Abu baru tampak jelas di jok sepeda motor atau kap mobil. Menurut warga, hujan abu tidak terlalu lama, mulai sekitar pukul 11.30 dan berlangsung selama tiga menit.

"Hujan abu turun sekitar pukul 11.32-11.35 WIB. Hujan abu bercampur pasir terlihat berwarna putih," kata Bayu S, salah seorang warga Dusun Tegalsari, Desa Dukun, Kecamatan Dukun, Magelang yang dilansir Otofemale.id dari Tribunjogja.com.

Baca Juga: Sterilkan Kabin Mobil Untuk Cegah Penyebaran Virus Corona, Segini BiayanyaAWAS BODI MOBIL BARETAbu vulkanik yang dikeluarkan letusan gunung Merapi tidak hanya berbahaya bagi kesehatan, tapi juga berbahaya untuk kendaraan pribadi kita.Itu karena material abu vulkanik terdiri dari batu kecil, mineral, dan debu vulkanik.

Baca Juga: Sembarangan Pindah Jalur, Ayla Sampai Ringsek Jadi KorbannyaJika didiamkan menempel terlalu lama di bodi mobil, maka akan menimbulkan bercakan pada mobil yang akan susah dihilangkan. Untuk itu, mobil yang terkena abu vulkanik harus segera dibersihkan.

Tapi ingat, membersihkan bodi mobil dari abu vulkanik juga harus dengan cara yang yang benar.Dengan material yang sudah disebutkan diatas, abu vulkanik sangat mungkin bikin bodi mobil jadi baret.

Baca Juga: Spion Mobil Jadi Incaran Maling, Lakukan Hal Ini Untuk MangantisipasinyaNggak hanya bodi mobil, kaca depan kiri kanan belakang juga bisa baret oleh abu vulkanik.Nah, berikut ini cara yang benar membersihkan mobil yang terkena abu vulkanik.

Baca Juga: Sebelum Nekat Kemudikan Mobil Saat Hujan, Pahami Dulu 5 Hal Ini1. Segera cuci kendaraan dengan air bersih dengan tekanan yang cukup kencang.Agar abu vulkanik yang menempel di bodi maupun kaca, cepat luruh.

2. Semprotkan air ke seluruh bagian mobil mulai dari bagian atas sampai bawah.Jangan sampai ada bagian yang terkena abu vulkanik nggak kesemprot air.3. Langkah selanjutnya, lakukan pengelapan dengan menggunakan kain microfiber.4. Pakai teknik pengelapan satu arah dan jangan diputar.Ini untuk menghindari goresan halus yang disebabkan abu vulkanik yang mungkin masih menempel di bodi mobil.5. Pilih lokasi yang tertutup, ketika hendak bersihkan mobil dari abu vulkanik.Agar debu yang nggak bisa move on, nggak balik lagi.

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest