Follow Us

Di Rumah Aja, Cuci Helm Sendiri Jangan Pakai Deterjen Bubuk Ya

Kartika Afriyani - Rabu, 08 April 2020 | 15:19
Ilustrasi cuci helm
Uje

Ilustrasi cuci helm

Otofemale.id - Ladies bisa andalkan tempat pencucian khusus, untuk bersihkan helm yang setiap hari dipakai.

Selain biar nggak dibilang jorok, rutin cuci helm juga bikin rambut ladies anti bau apek.

Baca Juga: Bye Bye Rambut Bau Saat Kendarai Motor, Lakukan 3 Cara Ampuh Ini

Namun untuk saat ini yang sedang ada wabah virus corona, di rumah aja nggak ada salahnya cuci helm sendiri.

Cara cucinya gampang kok, apalagi alat dan bahan yang kudu disiapkan nggak bikin ribet.

Baca Juga: Anti Kesel Kelar Kendarai Motor, Ini Cara Bikin Alis Anti Luntur dan Tahan Lama

Adapun alat dan bahan yang digunakan, busa, lap chamois, kain microfiber, air, dan sabun.Untuk sabun boleh apa aja asal jangan deterjen bubuk karena bisa merusak foam helm.

Tapi disarankan menggunakan sabun yang Ph nya netral seperti sabun bayi agar tidak merusak cat helm. Setelah alat dan bahan sudah siap, proses mencuci helm pun sudah bisa dimulai.

Baca Juga: Di Rumah Aja, Cuci Motor Sendiri Ladies Wajib Siapkan 2 EmberUntuk bagian padding atau dalam helm, kuceklah secara perlahan dengan sabun dan janga terlalu banyak busa.Jika ingin direndam pun jangan terlalu lama karena bisa merusak lapisan busanya.

Baca Juga: Anti Panik, Lakukan 2 Cara Ini Saat Motor Injeksi Ogah Hidup Gegara Kelamaan Nggak DipakaiKalau dirasa air sudah keruh boleh langsung dibuang airnya dan lanjutkan dengan di lap menggunakan kain microfiber.

Setelah di bersihkan, keringkan padding secara alami.

Sebaiknya jangan jemur di bawah terik matahari, apalagi memanfaatkan alat pengering rambut atau sejenisnya.Mengeringkan padding secara cepat atau dipaksakan bisa membuat busanya cepat kempes dan juga rontok. Jika panas terlalu kuat, bisa membuat padding menyusut karena terbakar.Cara yang benar untuk mengeringkan padding cukup dengan menjemurnya di teras rumah dan membiarkannya kering dengan angin tanpa terkena sinar matahari.Untuk visor atau kaca dan batok helm cukup dengan mengelapnya lap chamois setelah sebelumnya dibersihkan dengan sabun pembersih yang dicampurkan dengan air hangat.Dan jangan lupa untuk membersihkan area ventilasinya karena rawan ditumpuki kotoran.

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest