Follow Us

Bikin Carport Untuk 1 Mobil 1 Motor, Ini Ukuran Idealnya

Kartika Afriyani - Rabu, 29 April 2020 | 21:58
Contoh carport di rumah minimalis
edesainminimalis.com

Contoh carport di rumah minimalis

Otofemale.id - Rumah dengan desain minimalis, banyak ditawarkan oleh para pengembang.

Nggak ada garasi di rumah desain minimalis, namun ada ruang kosong yang bisa dibangun sebagai carport.

Baca Juga: Ada Mobil yang Boleh Mudik, Kakorlantas Polri Ungkap Syaratnya

Agar carport yang dibangun sesuai dengan kebutuhan, maka perlu dipastikan ukuran idealnya.

Oke, misalnya kondisi saat ini ladies sudah miliki 1 unit mobil pribadi dan juga 1 motor.

Maka dilansir Otofemla.id dari Idea.grid.id, seperti ini ukuran ideal carport untuk 1 mobil dan 1 motor.

Baca Juga: Ngabuburit Di rumah Aja, Mobil Jarang Pakai Segini Loh Seharusnya Tekanan Angin Bannya

Lebar mobil: 2 m - 3 m (sesuaikan dengan ukuran mobil).Lebar motor: 1 m – 1,5 m (sesuaikan dengan ukuran motor)Jarak mobil dengan motor: 1 m - 1,2 m.Panjang: 5 m.Perkerasan jalur ban mobil: 45 cm-75 cm.Ruang gerak penghuni: 80 cm - 100 cm.Kemiringan lantai: 1% - 2,5% ke arah depan.Ketinggian minimal: 2,5m.

6 FAKTOR JADI PERTIMBANGANTertarik untuk membangun carport, Otofemale.id melansir Idea.grid.id ada 6 faktor yang harus dipertimbangkan.1. PosisiJika lahan masih memungkinkan, hindari letak carport berada persis di depan pintu utama rumah.

Baca Juga: Ingin Bangun Carpot di Rumah Minimalis, 6 Hal Ini Wajib Tahu Dulu2. Besar atau luasnyaMenentukan ukuran carport tak sekadar memerhatikan jenis mobil yang bakal disimpan di dalamnya.Namun, bagaimana mobil cukup leluasa bermanuver dengan aman saat masuk dan keluar.

Baca Juga: Kacamata Berkabut Ganggu Visibilitas Pengemudi Mobil Gegara Pakai Masker Kain, Begini Solusinya3. Pembuangan airPerlu diupayakan agar curahan air hujan dapat terbuang dengan baik melalui talang (atau tanpa talang) dan tidak menimbulkan genangan di area sekitar carport.Demikian pun dengan aliran air pada lantai carport.

4. DesainKesesuaian gaya antara carport dan bangunan rumah sangat menentukan kecantikan hunian.5. Atap & FondasiKonstruksi atap carport haruslah kuat dan aman.Sebagai tempat pendaratan kendaraan, kondisi lantai carport dan fondasinya harus dibuat kuat untuk menahan beban di atasnya.6. AnggaranPilihan desain akan berkorelasi dengan banyaknya biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan carport.Jangan berkompromi dengan harga untuk kekuatan rangka dan penyangga.

Source : iDEA Online

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest