Follow Us

Keramas Bisa Atasi Rambut Rontok dan Kulit Kepala Berketombe, Begini Caranya

Kartika Afriyani - Kamis, 30 April 2020 | 22:19
Masalah rambut rontok dan berketombe, bisa dhilangkan dengan keramas yang baik.
wellandgood.com

Masalah rambut rontok dan berketombe, bisa dhilangkan dengan keramas yang baik.

Otofemale.id - Rambut rontok sampai berketombe, bisa saja dialami ladies yang tiap hari kendarai motor.

Pasalnya rambut rontok dan ketombean biasanya diakibatkan karena adanya tekanan helm pada rambut.

Baca Juga: Ngabuburit di Rumah Aja, Yuk Hilangkan Busik Akibat Kulit Alami Dehidrasi Pakai Body Serum Murmer

Penyebab lainnya adalah bakteri yang berkembang di helm, serta kulit kepala yang enggak sehat.

Pakai sampo khusus rambut rontok dan berketombe, memang bisa jadi solusi.

Baca Juga: Ngabuburit di Rumah Aja, Rawat Wajah Berjerawat Pakai Sheet Mask

Tapi kalau cara keramasnya nggak tepat, masalah rambut rontok dan berketombe bisa tidak teratasi dengan baik.

Otofemale.id melansir Stylo.ID, berikut cara keramas yang benar untuk mendapatkan rambut yang sehat terhindar dari rontok dan ketombe.

1. Fokus di kulit kepalaBanyak yang masih melakukan cara yang salah saat keramas, yaitu menggosok helaian rambut.Cara yang tepat saat keramas adalah dengan fokus membersihkan kulit kepala karena di sanalah tempat minyak dan kotoran menumpuk.

Baca Juga: Rekomendasi Acne Patch, Solusi Jerawat di Wajah yang Sering Kelewatan ManfaatnyaHanya membersihkan helaian rambut justru membuat kulit kepala tetap kotor yang berakibat rambut berketombe.Menggosok-gosok helaian rambut justru berisiko membuat rambut kusut dan membuat rambut mudah rontok.

Baca Juga: Pilihan Lip Scrub Lokal, Ampuh Mengatasi Bibir Kering Selama Bulan PuasaJangan lupa pula untuk membilas sampai kulit kepala benar-benar bersih.Sisa sampo yang masih ada di kulit kepala juga bisa menjadi penyebab ketombe yang gatal.

2. Gunakan air hangatAir dengan suhu yang agak hangat lebih tepat digunakan untuk keramas.Hal ini karena air hangat membantu memecah kotoran dan minyak pada kulit kepala lebih mudah.Namun juga perlu berhati-hati agar suhu air yang digunakan tak terlalu tinggi, ya!

Baca Juga: Sabun Rp 20 Ribuan Untuk Atasi Wajah Berjerawat, Produk Lokal NihMenggunakan air yang terlalu panas untuk keramas juga bisa menyebabkan kulit kepala menjadi iritasi.3. Keringkan dengan lembutApabila mengeringkan rambut menggunakan handuk, keringkan bagian helaian rambut dengan cara ditepuk, bukan ditarik.Gerakan menarik rambut saat mengeringkan dengan handuk justru dapat memicu rambut rontok.Menggosok kulit kepala dengan keras juga bisa membuat kulit kepala menjadi iritasi.Jika ingin mengeringkan rambut menggunakan hair dryer, hindari gunakan suhu yang paling panas untuk mencegah batang rambut rusak dan mudah patah serta kulit kepala iritasi.

Source : Stylo.ID

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest