Follow Us

Skutik Injeksi Kelar Kehabisan Bensin Jadi Ogah Hidup, Jangan Mainin Electric Starter!

Kartika Afriyani - Senin, 15 Juni 2020 | 21:55
Electric starter (ilustrasi).
hondacommunity.net

Electric starter (ilustrasi).

Otofemale.id - Sebenarnya kebangetan sih, kalau sampai motor atau skutik injeksi sampai kehabisan bensin.

Pasalnya dengan sudah menggunakan mesin injeksi, seharusnya pemakaian bahan bakar jadi lebih irit dibanding kalau masih pakai karburator.

Baca Juga: Sama Pentingnya Dengan Oli Mesin, Yuk Mari Kenalan Dengan Oli Gardan Untuk Skutik

Tapi bukannya nggak mungkin, skutik injeksi tunggangan ladies kehabisan bensin saat di tengah perjalanan.

Seperti pada umumnya motor kehabisan bensin, langkah pertama menurut Senior Instructor Astra Motor Training Center Semarang Fachrul Reza yang harus dilakukan adalah secepatnya mengisinya kembali.

Baca Juga: Kenalan dengan Fitur ABS di Skutik, Pilihannya Mulai Harga Rp 23 jutaan

"Setelah itu untuk menghidupkannya putar kunci on lalu gunakan starter elektrik atau manual," ujarnya dikutip Otofemale.id dari Kompas.com.

Jika mesin masih nggak mau menyala meski sudah diisi bensin, Fachrul Reza dengan tegas mengatakan untuk nggak terus-terusan mainin electric starter.

Dengan terus memaksakan menyalakan mesin pakai electrik starter, justru bisa merusak perangkat tersebut.

"Sekali pencet tombol starter elektrik jangan sampai lebih dari lima detik, kalau lebih bisa merusak komponen motor starter," katanya.

Baca Juga: Ingat Lagi Fungsi Fitur Hazard yang Ada di Skutik Honda PCX dan Yamaha NMAX, Jangan NorakHal ini disebabkan karena saat elektrik starter terus dipencet otomatis motor starter akan bekerja lebih keras dalam waktu yang lama.Kondisi ini tentunya membuat motor starter menjadi panas dan bisa berpotensi menyebabkan kerusakan.

Baca Juga: Isi Bensin Skutik Injeksi Disarankan Full Tank Tapi Jangan Sampai Luber Ya, Ada Bahaya Mengintai"Kalau motor tidak bisa langsung hidup, sebaiknya kembali diulangi lagi dengan memutar kunci on dan mencobanya menghidupkan mesin," sarannya.Sementara itu analisa Joko Purnomo owner bengkel spesialis matik Naranata Motor, saat motor injeksi kehabisan bahan bakar akan ada udara yang masuk.

Maka udara tersebut harus dikeluarkan terlebih dahulu agar mesin bisa kembali menyala."Saat motor injeksi kehabisan bensin udara akan masuk ke injektor, maka udara harus dikeluarkan terlebih dahulu.Caranya dengan memutar kunci kontak on-off sebanyak lima kali," kata Joko Purnomo.Artikel ini telah tayang di Kompas.com, judul : Lakukan Ini Saat Motor Injeksi Kehabisan Bensin.

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest