Follow Us

Skutik Seharga Rp 357 Juta, Ini Kelebihan dan Kekurangan Qooder Skuter Matik Empat Roda Pertama di Indonesia

Kartika Afriyani - Kamis, 25 Juni 2020 | 21:26
Skutik empat roda asal Swiss, Qooder
Wisnu/GridOto.com

Skutik empat roda asal Swiss, Qooder

Otofemale.id - Sejak Desember 2019 lalu, kehadiran skutik premium asal Swiss ini sudah menarik banyak orang.Selain karena total ban yang dimilikinya, harga yang dibanderol setara dengan satu unit mobil ini pun semakin membuat orang dibuat penasaran dengannya.

Baca Juga: Mirip Skutik Yamaha NMAX, Motorstar Easyride 155 Nggak Ada di IndonesiaDengan harga sekitar Rp 357 juta, apa sih kelebihan serta kekurangan yang dimiliki Skuter Premium Qooder?Otofemale.id melansir Kompas.com, untuk fitur sebetulnya mengandalkan hal yang paling mencolok, yaitu punya empat roda dan didukung dengan suspensi canggih bernama Hydrolic Tilting System (THS) yang bisa mengikuti gerak motor.

Baca Juga: Buat Anak Sultan, Vespa Mewah Kolaborasi Christian Dior Siap Dibeli Tahun DepanDi bagian depan, suspensi ini punya tie rod seperti mobil.Keunikannya ialah suspensi tersebut bisa bergerak independen, sehingga ban depan mengikuti gerak motor saat menikung ke kiri dan ke kanan.

Pembawaan motor ini cukup lembut tidak seperti ATV.Qooder memiliki empat rem, yaitu rem depan di tuas kanan, rem belakang di tuas kiri, rem kaki di dek kaki sebelah kanan, dan rem tangan agar motor tidak meluncur di tanjakan atau turunan.

Baca Juga: Hobi Modifikasi Motor Itu Nggak Murah, Harga Headlamp Saja Bisa Buat DP MobilRem depan mengaktifkan rem depan, tapi rem belakang dan rem kaki, combi brake dengan perbandingan 80 persen belakang 20 persen depan.Menariknya, rem kaki ini sebetulnya fungsinya sama seperti rem belakang, yang juga dapat berfungsi sebagai pengunci hidrolik.

Baca Juga: Kenalan dengan Fitur ABS di Skutik, Pilihannya Mulai Harga Rp 23 jutaanKunci hidrolik ini akan aktif jika kita mengerem kuat di bawah 1.000 rpm sampai motor berhenti.Mudahnya ialah rem belakang dan rem kaki sama saja, tapi keduanya tidak bisa dipakai bersamaan.

Kalau ladies main rem belakang terus menginjak rem kaki, maka salah satunya akan ngelawan.Selain itu ada kunci hidrolik yang terletak di dashboard bagian kiri.Cara menggunakannya yaitu dengan tuas naik turun, naik artinya melepas dan turun mengunci.

Baca Juga: Bertampang Klasik dan Punya Bagasi Gede, Ini Update Skutik Honda ScoopySesuai namanya, fungsinya ialah mengunci keempat hidrolik di suspensi agar motor bisa stabil tidak jatuh.Kunci ini digunakan saat motor parkir dan akan ditinggal, atau saat menunggu lampu merah tapi pegal menekan tuas rem.Menariknya jika kuncinya dalam keadaan hidup maka motor tidak bisa jalan.

Mesin tetap menyala, tapi ketika digas motor akan brebet dan tidak bisa jalan.Kemudian seperti dijelaskan di atas ada fitur rem tangan alias rem parkir.Bedanya dengan kunci hidrolik ialah fitur ini memang berfungsi seperti rem tangan mobil, mencegah motor "ngeluyur" jika jalan tidak rata.

Baca Juga: Update Skutik Yamaha Mio, Paling Murah Nggak Sampai Rp 16 JutaLalu kekurangannya ialah windshield yang tidak bisa di adjust.Tapi menurut Yudit, Marketing Manager Qooder, pihaknya sudah menyiapkan aksesori resmi yang bisa disesuaikan.Keunggulannya Qooder menyediakan colokan USB di bagian tengah bawah dashboard untuk mengisi daya ponsel.

Colokan ini juga dapat ditemui di bagasi tapi bukan USB melainkan mesti pakai adaptor.Kelemahan lain yaitu bagasi yang ternyata cukup sempit, hanya bisa menampung helm open face.Alasannya meski motornya besar sebagian ruang dipakai untuk bagian mekanis.Seperti pada bagasi, di bagian tengah dek agak ke belakang menjadi tempat bersemayam mesin 400cc dan CVT.Keduanya mengambil jatah sampai bawah jok depan.Di tempat yang sama hingga ke belakang buat tempat tangki BBM 14 liter.

Fitur lain yaitu lampu depan belakang dan sein sudah LED, hanya lampu jauh yang masih halogen.Speedometer fungsional yang memadukan digital dan analog, desainnya pun menarik.Kekurangannya ialah motor ini tidak punya fitur gigi mundur.Membuat motor dengan panjang total 2,2 meter, lebar 840 mm dan tinggi 1.360 mm ini cukup merepotkan jika harus parkir di jalan tak rata.Bobot kotor motor mencapai 281 kg jika tangki BBM terisi penuh.Meski demikian jangan langsung berpikir hal ini jadi membuat tidak nyaman.Untuk mendorong motor sebetulnya tidak berat, ringan malah jika jalannya rata.Motor juga stabil, tidak perlu dipegang seperti motor biasa.Artikel ini telah tayang di Kompas.com, judul : Telisik Fitur Qooder, Skuter 4 Roda pertama di Indonesia

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest