Follow Us

Jekmil, Inovasi dari Bidan di Magetan Untuk Antar Jemput Ibu Hamil

Kartika Afriyani - Rabu, 01 Juli 2020 | 19:39
Ojek khusu untuk ibu hamil di Magetan, Jatim.
Kompas.com

Ojek khusu untuk ibu hamil di Magetan, Jatim.

Otofemale.id - Berawal dari rendahnya kunjungan pemeriksaan kehamilan di desa, seorang bidan memutuskan untuk membuat layanan ojek khusus ibu hamil.Layanan tersebut pun diberi nama Jekmil atau kepanjangan dari ojek hamil.

Baca Juga: Faktor Tinggi Badan, Bukan Jadi Alasan Loh Ladies Naik Motor Pakai High Heels Jekmil ini dibuat untuk mengantarkan ibu hamil ketika harus melakukan pemeriksaan kesehatan kandungan ke puskesmas terdekat.Layanan ini biasanya dimanfaatkan oleh ibu hamil yang suaminya sibuk bekerja sehingga tidak bisa mengantar ke puskesmas.

Baca Juga: Jelang Akhir PSBB Transisi Jakarta, Ini yang Sempat Banyak Jadi PerbincanganDitambah lagi dengan keberadaan virus Corona yang membuat ibu hamil khawatir jika naik sembarangan ojek yang tak dikenal.Melansir Kompas.com, Jekmil dicetuskan oleh seorang bidan di Desa Carikan, Kabupaten Magelan yang bernama Iin Rosita.

Iin menceritakan awal mula dibuatnya Jekmil adalah karena rendahnya jumlah kunjungan pemeriksaan kehamilan di desanya.Padahal memeriksa kondisi kandungan merupakan hal yang sangat penting bagi wanita hamil, terutama pemeriksaan di triwulan pertama masa kehamilan.

Baca Juga: Ngantuk Saat Riding Hindari Siasat Dengarkan Musik, Lakukan Hal IniSehingga Iin berinisiatif mencetus layanan ini untuk meningkatkan kesadaran ibu hamil di desanya agar memeriksakan kesehatan kandungan.Pengemudi Jekmil sendiri merupakan relawan posyandu yang sudah memiliki pengetahuan terkait kehamilan.

Baca Juga: Skutik Seharga Rp 357 Juta, Ini Kelebihan dan Kekurangan Qooder Skuter Matik Empat Roda Pertama di IndonesiaDan saat ini layanan Jekmil sudah ada di 10 desa di Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan.Layanan Jekmil ini diberikan secara cuma-cuma alias gratis.

Ibu hamil hanya perlu menghubungi bidan puskesmas yang memiliki layanan Jekmil tersebut.Nantinya bidan akan meminta driver untuk langsung menjemput ibu hamil tersebut.Artikel ini telah tayang di Kompas.com, judul : Jekmil, Ojek Khusus Ibu Hamil, Gratis Antar Jemput ketika Suami Tak Bisa Menemani

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest