Follow Us

Isi Bensin Mobil di SPBU Rest Area Jalan Tol Jangan Lupa Matikan Mesin, Ini Alasannya

Octa - Selasa, 27 Oktober 2020 | 19:30
Isi bensin di SPBU wajib matikan mesin.
octa saputra/Otofemale.id

Isi bensin di SPBU wajib matikan mesin.

Otofemale.ID - Saat isi bensin di SPBU rest area saat perjalanan liburan, ingat selalu untuk matikan mesin.

Ada bahaya yang sewaktu-waktu bisa terjadi, bila mesin mobil tidak dimatikan saat isi bensin.

Baca Juga: Perjalanan Luar Kota Pakai Mobil Pribadi Lebih Aman Siang Hari, Ini Alasannya

Kepala SPBU Pertamina Cikini Paimin mengatakan, wajib matikan mesin ketika isi bensin untuk mencegah kebakaran jika uap bensin terpapar panas mesin.

"Ini karena pada saat proses pengisian ke tangki kendaraan adanya uap yang keluar dari tangki sehingga sangat berbahaya terjadinya segitiga api atau panas yang cukup dari mesin, udara, oksigen, dan bahan bakar," ujar Paimin.

Baca Juga: Perjalanan Liburan Jangan Sampai Terganggu AC Mobil Bermasalah, Kenali 3 Tandanya Sebelum Berangkat

PROTOKOL KESEHATAN REST AREA

Rest area jalan tol, wajib protokol kesehatan bagi pengendara mobil yang hendak mampir.Seperti diketahui, protokol kesehatan saat ini jadi senjata untuk redam penularan Covid-19.

Oleh karenanya siapapun dan dimanapun juga, wajib mematuhi protokol kesehatan.Termasuk juga di rest area jalan tol, saat hadapi libur panjang seperti week end ini.

Baca Juga: Hujan Deras Mulai Turun, Perhatian Beberapa Komponen Mobil yang Mudah Rusak Ini Saat Terkena AirProtokol kesehatan berlaku di rest area, seperti dikatakan oleh Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru."Khusus pada layanan di tempat istirahat, Jasa Marga mengoptimalkan layanan di berbagai fasilitas yang tersedia dengan penerapan physical distancing melalui pembatasan pengunjung dan kapasitas parkir maksimum 50%, sebagai pencegahan penyebaran Covid-19," kata Heru, Senin (26/10/2020).

Baca Juga: Liburan ke Puncak Pakai Mobil Pribadi, Pemkab Bogor Syaratkan Rapid TestDisarakan juga saat lakukan perjalanan lewat jalan tol untuk bawa bekal dari rumah dan pastikan BBM terisi penuh sebelum melakukan perjalanan.Saat harus mampir ke rest area untuk istirahat, Jasa Marga menghimbau untuk tetap menggunakan masker, mencuci tangan dan jaga jarak.

Dan kalaupun harus membeli makanan di rest area, memilih untuk take away dibandingkan makan di tempat.Buat yang hendak ibadah, lebih baik pakai perlengkapan pribadi."Tidak perlu berlama-lama di rest area," tegas Heru.(*)

Source : Kompas.com

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest