Follow Us

Ajak Anak Lakukan Perjalanan Luar Kota, 3 Fitur di Mobil Ini Waib Tahu

Octa - Rabu, 28 Oktober 2020 | 13:37
Fitur di mobil aman buat anak saat lakukan perjalanan luar kota.
andersoncarnahan.com

Fitur di mobil aman buat anak saat lakukan perjalanan luar kota.

Otofemale.ID - Ada beberapa fitur yang wajib diketahui, ketika ajak anak lakukan perjalanan luar kota.

Fitur-fitur dalam mobil itu, bisa bikin anak tetap aman selama lakukan perjalanan.

1. Power Window Lock

Baca Juga: Perjalanan Luar Kota, Nyetir Mobil Kapan Waktu Istirahatnya?Kaca jendela pada mobil kekinian, sudah dilengkapi dengan power window.Perangkat tersebut yang kemudian membuat buka tutup kaca jendela, tinggal pencet tombol yang ada di doortrim.

Baca Juga: Isi Bensin Mobil di SPBU Rest Area Jalan Tol Jangan Lupa Matikan Mesin, Ini AlasannyaNah biasanya, anak-anak suka memainkan tombol buka tutup kaca jendela itu.Pabrikan mobil sudah menyiapkan fitur yang bisa mematikan fungsi dari tombol power window.

Dengan mengaktifkan power window lock, lazimnya hanya tombol power window sisi supir saja yang bisa diaktifkan.Untuk tombol power window yang lainnya (pintu penumpang depan dan belakang), tidak berfungsi.

Baca Juga: Perjalanan Luar Kota Pakai Mobil Pribadi Lebih Aman Siang Hari, Ini AlasannyaPower window lock diwakili dengan gambar pintu mobil yang disilang.Ambil contoh pada Toyota Avanza, adanya sisi atas tombol power window.

Baca Juga: Liburan ke Puncak Pakai Mobil Pribadi, Pemkab Bogor Syaratkan Rapid TestCara mengaktifkan fitur power window lock, tinggal pencet ke kanan saja.2. Child Safety LockFitur Child Safety Lock ini hanya ada di pintu belakang mobil.

Dengan pengaktifkan fitur Child Safety Lock, maka pintu nggak bisa dibuka dari dalam.Jadi saat anak-anak di dalam mobil dan coba tarik handle pembuka, maka pintu mobil nggak akan terbuka.Pintu mobil yang fitur Child Safety Lock-nya diaktifkan, hanya bisa dibuka dari luar saja.

Baca Juga: Perjalanan Liburan Jangan Sampai Terganggu AC Mobil Bermasalah, Kenali 3 Tandanya Sebelum BerangkatPosisi fitur Child Safety Lock berbentuk tuas kecil berbentuk huruf L dan adanya di pinggir pintu belakang (kiri dan kanan).Cara mengaktifkan fitur Child Safety Lock, tinggal geser saja.Jangan lupa, setelah fitur Child Safety Lock diaktifkan maka wajib dijajal.

Apakah fitur tersebut berfungsi sebagaimana mestinya atau tidak.

3. ISOFIXFitur yang ada pada mobil kekinian ini merupakan kependekan dari International Standards Organization FIX.Namanya mungkin kurang familiar di banyak telinga pembeli mobil baru namun fitur ini gunanya untuk mengaitkan kursi bayi di jok.

Baca Juga: Kabar PSBB Transisi Jakarta Diperpanjang, Aturan Ganji Genap Nggak BerubahIsofix sudah wajib ada pada mobil baru di Eropa sejak 2007.Di Indonesia memang belum ada aturan resmi bayi atau anak kecil harus duduk di jok khusus.Dilansir dari Gridoto.com, dulu kursi bayi biasanya disangkutkan ke titik sabuk pengaman 3-titik, namun para pabrikan menilai itu masih berbahaya.

Makanya Isofix dibuat, khusus sebagai pengait kursi bayi dengan begitu para orang tua merasa lebih aman berkendara bersama anaknya.Isofix letaknya ada di bagian bawah sandaran jok.Berbagai mobil juga sudah dilengkapi juga dengan top tether atau pengait di bagian atas biar kursi bayi semakin aman.

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest