Follow Us

Siapa Sangka Ternyata Beberapa Hal Ini Jadi Pertanda Karet Wiper Sudah Harus Diganti, Nomor 3 Sering Dihiraukan!

Rachel Anastasia Agustina - Jumat, 11 Desember 2020 | 13:00
Karet Wiper
kompas.com

Karet Wiper

Otofemale.ID - Hujan sudah mulai turun, maka Ladies yang berkendara dengan mobil harus mulai memerhatikan karet wiper.Pasalnya, komponen mobil yang satu ini memang jarang sekali mendapatkan perhatian dari kita karena jarang dipakai.

Baca Juga: Dari Knalpot Mobil Keluar Air dan Asap Tipis Saat Pagi Hari, Maksudnya Apaan Nih?Biasanya wiper juga hanya digunakan ketika hujan atau ada air yang banyak di kaca depan mobil kita, sehingga bisa masuk kategori jarang.Namun ketika hujan deras sudah mulai mengguyur ini, tidak banyak dari kita yang paham bahwa komponen karet wiper bisa saja sudah berjamur karena kekeringan dan tak baik lagi fungsinya.

Baca Juga: Perawatan Rutin Honda Brio CVT, Segini Biaya di Bengkel ResmiBiasanya karet wiper yang sudah berjamur dan retak justru akan mengganggu visibilitas ketika ketika berkendara terutama di tengah hujan.Lalu berapa lama seharusnya kerat wiper itu diganti? Bagaimana tanda yang terlihat jika memang harus mengganti karet wiper?

Melansir dari Formula One Autocentres, ada beberapa tanda yang jelas memperlihatkan bahwa karet wiper kita perlu diganti.1. Mencicit atau melengkingBiasanya karet wiper seharusnya diam dan berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Kudu Percaya Nih, Lampu Rem Bisa Selamatkan Nyawa Pengendara Mobil LainNamun ketika digunakan ada bunyi mencicit yang mulai mengganggu, maka karet wiper tersebut harus diganti.2. GoresanSejatinya, karet wiper harusnya membantu membersihkan kaca depan kita dari kotoran yang mengganggu.

Baca Juga: Umur Kampas Rem Mobil Sampai 50.000 Km, Bisa Cepat Habis Kalau Kalau Pengemudinya Seperti IniNamun jika ketika wiper digunakan justru meninggalkan goresan, maka sudah seharusnya diganti.Rupanya karet wiper juga mengenal sebutan aus yang di mana karet itu sudah tidak terletak tepat pada tempatnya.

3. Kotoran tidak hilang seutuhnyaKaret wiper yang masih bagus tentunya bisa menghapus segala kotoran yang ada di kaca depan kita.Namun jika ada kotoran yang terlewat itu berarti ada bagian karet yang sudah tidak pada tempatnya.Sehingga membuat kaca depan tidak terlalu bersih.Nah itu dia Ladies berbagai pertanda yang jelas memang mengharuskan kita untuk mengganti karet wiper.Segera ganti jika memang sudah memperlihatkan tanda-tanda seperti di atas ya!(*)

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest