Follow Us

Sebelum Beli Car Seat Buat Bocah, Ladies Wajib Tahu Beberapa Hal Ini

Octa - Rabu, 16 Desember 2020 | 11:02
Car seat dibutuhkan saat ladies kendarai mobil bareng bocah.
driving.co.uk

Car seat dibutuhkan saat ladies kendarai mobil bareng bocah.

Otofemale.ID - Liburan natal dan tahun baru kali ini, bisa jadi momen pertama kali ladies ajak anak lakukan perjalanan pakai mobil pribadi.

Supaya perjalanannya mulus sampai tujuan, sangat disarankan anak-anak yang masih balita duduk sendiri di car seat.

Baca Juga: Aquaplaning, 'Orang Ketiga' yang Menakutkan Saat Berkendara Kondisi Hujan di Jalan Tol

Buat ladies yang ingin beli car seat, perlu diingat untuk jangan asal beli.Ada beberapa hal yang harus dipahami dulu biar nggak salah beli.

Baca Juga: Jalan Tol Kondisi Kosong Ingat ada Batas Maksimal Kecepatan Mobil, Jangan Asal Gas PolSoalnya, car seat memiliki jenis dan ukuran yang berbeda-beda tergantung usia dan berat badan dari si anak.Di pasaran, car seat mempunya dua jenis atau tipe yang berbeda yaitu berstandar ECE R44 dan R129.

Cara mengetahui perbedaannya adalah dengan melihat stiker berwarna oranye di bodi atau bagian belakang sandarannya.Standar ECE R44 merupakan jenis car seat berdasarkan berat badan dan digolongkan kembali dalam 5 grup.

Baca Juga: Brak! Sembarangan Buka Pintu Mobil Bisa Picu Kecelakaan Fatal, Begini Cara HindarinyaYang pertama yaitu Grup 0 untuk bayi baru lahir hingga usia 9 bulan, dengan berat badan maksimum 10 kg.Kedua adalah grup 0+ untuk bayi baru lahir hingga usia 12 bulan, dengan berat badan maksimum 13 kg.

Baca Juga: Jangan Pelit! Perjalanan Bisa Tekor, Gegara Mobil Baru Nekat Isi Bensin Lebih Murah dari PertamaxPada beberapa car seat grup 0+ biasanya bisa dikombinasikan dengan stroller atau kereta dorong untuk bayi.Ketiga, grup 1 untuk anak berusia 9 bulan hingga berumur 4 tahun, dengan berat 9-18 kg.

Untuk car seat grup 1 dapat diatur posisinya, sehingga bisa menghadap ke arah depan atau ke belakang.Keempat, car seat grup 2 untuk anak berusia 4 sampai 7 tahun dengan berat 15-25 kg.Pada grup ini, child seat bisa diatur apakah menghadap ke depan atau belakang, serta masih dilengkapi dengan harness atau sabuk pengaman untuk menahan anak dari guncangan.Kelima, grup 3 yang biasanya digunakan untuk anak berusia 6 sampai 12 tahun dengan berat 22-36 kg.Car seat pada grup ini biasanya postur tubuh anak dianggap sudah cukup untuk menggunakan seatbelt mobil sehingga tidak memerlukan harness.Berbeda dengan ECE R44, jenis R129 digolongkan berdasarkan tinggi badan anak.Selain itu, pada jenis R129 car seat hanya bisa dipasang dengan bantuan Isofix, lain halnya dengan ECE R44 yang bisa dipasang melalui Isofix dan sabuk pengamanan.(*)

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest