Follow Us

Puasa Bikin Emosian Waktu Nyetir Mobil, Kenali Penyebab dan Cara Atasinya

Octa - Selasa, 13 April 2021 | 15:56
Jaga emosi selama jalani puasa.
Freepik

Jaga emosi selama jalani puasa.

Otofemale.ID - Saat kita melakoni puasa, maka kadar gula dalam darah akan mengalami penurunan.

Nah kalau kadar gula turun, bikin gampang terpicu emosi.

Saat kemudikan mobil, diklaksonin mobil lain bisa jadi deh.

Baca Juga: Mobil Terdampak Gempa Malang, Asuransinya Bisa Diklaim Kalau Ada Beginian

Atau diserobot motor, walaah...jangan sampai pahala puasa jadi berkurang gegara emosi terpancing.

Mengantisipasi emosian di jalan saat jalani puasa, di website Auto2000 ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Bikin kabin nyamanJaga kebersihan dan tambah pengharum ruangan beraroma soft, jadi kunci agar kabin jadi nyaman.

Ini sangat membantu menjaga emosi kamu saat hadapi kemacetan2. Dengarkan musikJangan yang berirama keras (heavy metal) yang malahan bisa picu stress.Putar musik yang bisa menyebarkan aura rileks saat mengemudi.

Baca Juga: Ada Gelagat Colong Start Mudik, Polisi Gelar Operasi Mulai Hari IniSiapkan playlist lagu dan simpan dalam format mp3 di flashdisk dan pisahkan, bisa berdasarkan penyanyi, aliran, atau tahun.3. Posisi berkendaraPosisi duduk sesuai ilmu defensive driving bukan hanya membuat kamu bisa antisipasi segala kondisi, namun juga menciptakan suasana rileks dan nyaman.Duduk jangan terlalu tegak yang bikin cepat lelah, tapi juga tidak terlalu rebah yang malah sulit mengantisipasi keadaan.

Usahakan pegang setir dengan rileks, seperti ibu jari tidak dimasukkan dalam setir.Atau hindari posisi menggenggam seperti ingin memukul yang membuat Anda mudah terpancing emosi.4. Pilih ruteSebelum berkendara (terutama jelang buka puasa), pilih rute terlebih dahulu dan pastikan bisa cepat namun tidak macet.

Baca Juga: IIMS Hybrid 2021 Terapkan Prokes Ketat, Pengunjung Ada Tata CaranyaHarus pilih rute dulu, pasalnya jelang buka puasa dipastikan beberapa rute jalan macet akibat jadi lokasi menjajakan panganan.5. Jaga emosiKamu sudah sabar dan tahan emosi, tapi pengemudi lain malah mancing-mancing.Dalam kondisi seperti ini, kamu bisa coba tarik nafas dan buang lewat mulut sebanyak 3 kali.

Gunanya, supaya ada oksigen yang masuk ke otak jadi bisa berpikir jernih.FYI, orang yang emosinya sedang tinggi malah cenderung melakukan kesalahan kecil tapi fatal.(*)

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest