Follow Us

Hujan Penting Banget Nyalakan Wiper Mobil, Ini Fungsi Kode di Tuasnya

Octa - Rabu, 09 Juni 2021 | 19:02
Sejumlah simbol di tuas wiper mobil
Dok. Otomotif

Sejumlah simbol di tuas wiper mobil

Otofemale.ID - Visibilitas pengemudi mobil bisa terganggu, kalau saat hujan nggak nyalakan wiper.

Kalau visibilitas terganggu, ya pastinya bahaya menunggu di depan mata.

Baca Juga: Belajar Mobil Matik, Cara Benar Dapatkan Posisi Mengemudi yang Nyaman dan Aman

Ketika hendak menyalakan wiper, di tuas yang ada disebelah kiri bawah setir ada beberapa kode.

Melansir Toyota.astra.co.id, setidaknya ada 6 kode di tuas wiper yang perlu diketahui.

1. MistKode ini biasanya ada dibagian paling atas dan fungsinya untuk pengoperasian wiper sekali sapuan wiper saja.

Baca Juga: Belajar Mobil Matik Toyota Rush, Apaan Saja Sih di Tuas Transmisi?Cara aktfikannya tinggal geser tuas ke atas sekali.

Mist ini cocok dipakai saat kondisi gerimis kecil.2. INTKepanjangan dari kode ini adalah Intermitten dan biasanya digunakan ketika gerimis yang sudah mulai lebih rapat.Untuk pengoperasiannya, kamu tinggal geser tuas wiper dari OFF ke posisi INT.

Baca Juga: Ban Serep Mobil Nggak Pernah Dipakai, Jangan Lupakan Tekanan AnginnyaPada beberapa mobil dibekali fitur pengatur kecepatan intermitten, dari yang paling lambat hingga cepat.Ciri pengaturan intermittent ini adalah tanda segitiga yang dibagi dalam beberapa kotak.Semakin besar kotak berarti semakin lama pula interval wiper bekerja.

Cara mengaturnya biasanya dengan memutar switch di ujung tuas pengoperasian wiper.3. LO dan HISimbol LO dan HI ini untuk pengaturan wiper yang bekerja terus-menerus tanpa jeda.Bedanya antara LO dan HI ada pada kecepatan gerakan wiper.

Baca Juga: AC Mobil Jangan Dimatikan Saat Hujan, Supir Bisa Nggak Kelihatan!Posisi LO digunakan ketika hujan deras turun dan HI ketika sudah sangat deras dan visibilitas mulai terganggu.4. AUTOAUTO ini berarti wiper bekerja otomatis karena dibekali teknologi rain sensing wiper, jadi nggak ada di semua mobil.Kecepatan gerakan wiper diatur komputer mobil yang disesuaikan dengan intensitas air hujan yang mengenai kaca mobil.

5. REARBuat mobil yang dibekali wiper di kaca belakang, pengaturannya juga di tuas wiper.Biasanya ada tulisan REAR sebagai pembeda dengan pengatur wiper untuk kaca depan.Untuk mengaktifkannya umumnya dengan memutar kenop yang ada di ujung tuas.Di kenop putar ini kamu bisa mengaktifkan wiper atau menyemprotkan air wiper atau washer di kaca belakang.6. Pembersih Kaca DepanSatu lagi bagian yang penting dari tuas wiper adalah fungsi untuk menyalakan penyemprot pembersih kaca depan.Cara mengaktifkannya mudah lantaran kamu cukup menarik tuas ke arah kamu dan air pembersih kaca depan akan disemprotkan.Sekaligus, wiper juga akan aktif untuk menyeka air yang disemprotkan untuk membersihkan kaca depan tersebut(*)

Source : Toyota

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest