Follow Us

Rasakan 8 Hal Ini Saat Kendarai Mobil, Saatnya Spooring dan Balancing Tuh

Octa - Jumat, 16 Juli 2021 | 13:29
Iluistrasi mobil sedang melakukan perawatan spooring balancing.
Kompas.com

Iluistrasi mobil sedang melakukan perawatan spooring balancing.

Otofemale.ID - Hanya dengan mengajak mobil keliling komplek saja, bisa ketahuan loh kalau saatnya lakukan spooring dan balancing.

Kalau kompleknya kecil, ya ajak jalan-jalan keluar lah.

Baca Juga: Ban Mobil Kamu Ada Kode Titik Kuning?, Bukan Ngadi-Ngadi Ini Artinya

Oh ya, normalnya spooring dan balancing mobil dilakukan rutin setiap 20 ribu km sekali.

Namun angka normal itu, bisa berubah lebih cepat kalau mobil keseringan lewarti jalanan rusak.

Baca Juga: Ban Serep Mobil Nggak Pernah Dipakai, Jangan Lupakan Tekanan Anginnya

Selain angka rutin diatas, spooring dan balancing bisa dilakukan kalau saat kendarai mobilrasakan 8 hal ini.

1. Setir bergetar pada kecepatan tertentu.

2. Mobil seakan berbelok sendiri padahal sedang melaju lurus ke depan, atau selalu bergerak ke arah tertentu.3. Saat pengendalian setir saat dibelokkan nggak mau kembali berputar pada posisi semula saat dilepaskan.

Baca Juga: Mobil Pelat Nomor 'B' Nggak Bisa Liburan ke Puncak, Ini Alasannya4. Gejala lainnya, jika mobil yang sedang dikendarai seperti berjalan miring.5. Permukaan ban sudah nggak rata atau aus, bisa di salah satu atau keduanya.6. Saat dipakai parkir, walau itu parkir di tempat datar dan lurus tapi rodanya ada yang miring.7. Ban bagian belakang nggak sejajar lurus dengan bagian depan.

Baca Juga: Catat! Besok Penyekatan PPKM Darurat Jakarta Mulai Jam 06.00 WIB, Dirlantas Polda Metro Jaya : Ada 100 Titik

8. Amati ban mobil belakang, apakah tergeser dan nggak presisi dari tempatnya semula.

APA SPOORING & BALANCING

Spooring adalah alignment atau proses pada mobil untuk meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil seperti awal, sesuai dengan settingan pabrik.Biasanya dua roda depanlah yang akan diluruskan dan diatur agar kembali seperti sedia kala.Sedangkan balancing adalah penyesuaian atau upaya menjaga keseimbang pada titik atas bawah atau kiri kanan roda dengan cara menambahkan timah pada bagian yang kurang.Kebanyakan balancing dilakukan setelah penggantian ban atau velg, dan jika kilometernya sudah mencapai batas untuk balancing(*)

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest