Follow Us

Pakai Sabuk Pengaman Saat Kendarai Mobil Wajib Hukumnya, Cara Gunakan yang Benar Bagaimana?

Octa - Selasa, 27 Juli 2021 | 19:15
Pasang sabuk pengaman jangan sembarangan.
carfromjapan.com

Pasang sabuk pengaman jangan sembarangan.

Otofemale.ID - Ingat nggak, salah satu yang diincar oleh kamera tilang elektronik itu adalah penggunaan sabuk pengaman atau safety belt.

Oleh karenanya jangan coba-coba nggak pakai sabuk pengaman, ketika kendarai mobil.

Aturan wajib pakai safety belt, ada di UU Nomor 22 Tahun 2009 LLAJ, pasal 106 ayat (6).

Baca Juga: Kasus Mobil Terbakar, Ini Jenis APAR yang Tepat Disimpan Dalam Kendaraan

Disitu tertulis bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor beroda empat atau lebih di jalan dan penumpang yang duduk di sampingnya wajib mengenakan sabuk keselamatan.

Nekat nggak pakai sabuk pengaman, bisa dijerat dengan pasal 289.

Pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda palaing banyak Rp 250.000, menanti siapa saja yang nggak pakai sabuk pengaman seperti diatur pada pasal 106 ayat (6).

Males kan kalau sudah baca denda yang harus dibayar akibat nggak pakai sabuk pengaman.

Oleh karenanya saat kendarai mobil, gunakan sabuk pengaman dengan benar.menyoal cara pakai sabuk pengaman dengan benar, perhatikan 4 hal ini.

1. Bagian atas ada di pundakMaksud dari bagian atas ini adalah sabuk yang melintang di dada.

Baca Juga: Di P atau N Tuas Transmisi Mobil Matik Saat Manasin Mesin, Kuy Tanya AhlinyaPastikan bagian atas sabuk yang melintang di dada itu adanya di pundak.Alasannya, dibagian itu ada tulang kuat yang bisa menahan tubuh saat terjadi tabrakan.2. Bagian bawah ada di bawah pusarKalau yang atas merupakan sabuk yang melintang di dada, maka yang bagian bawah itu di area perut.

Untuk yang bagian bawah ini, sabuknya wajib melintang dibawah pusar.Alasannya sama dengan posisi sabuk pengaman bagian atas yang harus di bahu.3. Pastikan bunyi klikSelain posisi yang harus pas, safety belt harus terkunci dengan benar saat digunakan.

Baca Juga: Hujan Jangan Matikan AC Mobil, Bisa Nggak Kelihatan Jalan BundUrusan kunci mengunci ini sebenarnya gampang banget, tinggal memastikan bunyi klik saat plat masuk ke gesper.Kalau belum terdengar bunyi klik saat plat dimasukkan ke gesper, maka safety belt belum terpasang dengan benar.4. Jangan sampai melintir Pakai safety belt juga kudu memastikan kondisinya rapi alias nggak ada yang melintir.Ini harus dilakukan agar fungsi dari safety belt nggak terganggu(*)

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest