Follow Us

Kenali Penyebabnya, Ada Bunyi-Bunyian yang Mengganggu Saat Mobil Ngerem

Octa Saputra - Jumat, 17 September 2021 | 22:55
Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.(STANLY RAVEL-KOMPAS.com)
kompas.com

Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.(STANLY RAVEL-KOMPAS.com)

Otofemale.ID - Bunyi seperti gesekan antar permukaan besi, bisa muncul saat mobil melakukan pengereman.

Namun bunyi-bunyian yang mengganggu itu, hilang saat mobil berjalan.

Dan bunyi-bunyian itu, bisa muncul bahkan saat kampas rem masih tebal.

Baca Juga: Mobil Baru Honda Siap-siap Meluncur Pekan Depan, Apakah SUV N7X?

Datang dari mana bunyi-bunyian itu?

Ternyata penyebab bunyi ini adalah kampas rem cakram yang sudah sangat kotor.Hal ini dijelaskan oleh Samsudin, National Technical Advisor Astra Peugeot dilansir dari GridOto.com.

"Kotoran yang menempel di kampas rem seperti debu dan pasir halus akan mengeras, saat bergesekkan dengan piringan cakram maka akan terdengar bunyi," buka Samsudin."Semakin banyak debu dan pasir yang menempel maka akan semakin kencang bunyi yang akan dihasilkan," tambahnya.

Baca Juga: Lokasi Baru Crowd Free Night Jakarta, Ada di Kawasan Wisata Padat PengunjungKondisi ini ternyata bisa membuat kerusakan pada piringan cakram jika terus digunakan.Piringan Cakram yang terus menerus bergesekkan, lama kelamaan akan aus."Bisa dilihat kalau piringan cakram enggak rata dan berasa beralur, ini jarang bersihkan kampas rem cakram," sebutnya.Idealnya kampas rem mobil dibersihkan setiap kelipatan 5.000 km.

"Kalau lebih dari itu ada potensi kotoran menumpuk, keluar bunyi aneh dan bisa merusak piringan cakram," tutup Samsudin(*)Artikel ini sudah tayang di Gridoto.com-Keluar Bunyi Aneh Saat Mobil Ngerem, Ternyata Ini Penyebabnya

Editor : Octa Saputra

Baca Lainnya

Latest