Follow Us

Baru Tahu! Ternyata Mobil Jadul Banget Setirnya Nggak Bundar, Tahun Berapa Tuh?

Octa Saputra - Senin, 04 Oktober 2021 | 22:15
Mobil zaman dahulu yang belum menggunakan setir berbentuk lingkaran
Livescience.com

Mobil zaman dahulu yang belum menggunakan setir berbentuk lingkaran

Otofemale.ID - Mobil jadul banget ternyata setirnya nggak sama dengan model yang sekarang.

Setir mobil sekarang yang beredar di Indonesia dan dunia kebanyakan modelnya bundar.

Beberapa mobil, ada juga yang setirnya nggak sepenuhnya bundar.

Baca Juga: Sampai Nekat Palsukan STNK Mobil Demi Bisa ke Puncak, Are You Okay?

Dulu banget, ternyata setir mobil itu bentuknya nggak bundar.

Mau tahu tepatnya dulu banget? Era sebelum tahun 1894.

BTW tahun 1894 itu jadi tonggak sejarah, mobil dengan setir bundar.

Mobil pertama yang menggunakan setir dengan bentuk bundar adalah Panhard 4 Hp Model, yang dikemudikan Alfred Vacheron saat balapan Paris-Rouen tahun 1894.Selain Panhard, saat itu untuk mengendalikan mobil zaman dulu digunakan semacam besi panjang yang disebut tiller, layaknya tuas persneling.Dikutip dari carfromjapan.com, mengendalikan mobil dengan tuas ini memang cukup sederhana namun tidak memiliki keakuratan yang baik ketika mengarahkan roda.

Baca Juga: Antisipasi Mobil Lain Rem Mendadak di Jalan Tol, Perhatikan Selalu 2 Hal Penting IniMakanya, Panhard 4 Hp Model dibekali setir berbentuk bundar agar lajunya lebih terkontrol dengan mudah.Nggak hanya buat balapan saja, bayangkan ketika mobil hendak parkir.Pengemudi akan kesulitan untuk menempatkan mobilnya dengan posisi yang tepat kalau cuma modal tiller.

Kemudi berbentuk lingkaran juga cukup aman karena nggak ada sudutnya, risiko tangan terbentur setir ketika berputar sangat minim.Bayangkan jika setir berbentuk persegi atau segitiga, pastinya ada saja kejadian tangan kepentok, tergores, atau bisa saja tertancap di tangan jika terjadi kecelakaan.Berlanjut pada tahun 1898, mobil dengan setir bundar mulai diproduksi massal oleh Panhard et Levassor, produsen mobil asal Perancis.

Baca Juga: Setiap Nyalakan Lampu Utama Mobil Plus Fog Lamp, Benar Seperti Itu Nggak Ya?Charles Rolls, salah satu pendiri Rolls-Royce, mendapatkan inspirasi setir bundar buat mobil buatannya saat mengimpor mobil Panhard et Levassor ke Inggris di tahun yang sama.Penggunaan setir berbentuk bundar jadi inovasi yang sangat signifikan sehingga cuma perlu waktu satu dekade saja buat mengubah pikiran semua produsen mobil.Makanya semenjak tahun 1910, sudah enggak ada lagi mobil yang pakai setir dengan bentuk tuas tiller dan seluruhnya sudah pakai setir bentuk bundar(*)

Editor : Octa Saputra

Baca Lainnya

Latest