Follow Us

Perlu Klakson 3 Kali Sebelum Parkir Mundur, Ahli Ungkap Alasan Pentingnya

Octa Saputra - Rabu, 06 Oktober 2021 | 22:20
Bunyikan klakson saat parkir mundur (ilustrasi)
kompas.com

Bunyikan klakson saat parkir mundur (ilustrasi)

Otofemale.ID - Mobil melakukan parkir mundur, jarang banget terdengar pengendara bunyikan klakson.

Terdengar sepele, namun bunyikan klakson saat mobil parkir mundur penting dilakukan.

Adapun tujuan bunyikan klakson sebelum parkir mundur adalah agar orang lain yang ada disekitar mobil, tahu kalau kita hendak parkir.

Baca Juga: Stop Isi Air Wiper dengan Air Biasa, Kaca Mobil Bisa Jadi Begini

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia ( SDCI) Sony Susmana, juga mengatakan hal yang sama.Ditambahkan oleh Sony Susmana, minimal bunyikan klakson 3 kali sebelum parkir."Saat hendak parkir klakson juga perlu dinyalakan tiga kali, sehingga orang yang ada di sekitar tahu jika mobil akan parkir," paparnya.

BAGASI HADAP BELAKANGPengelola parkir mall, ada yang menghimbau pelanggan untuk parkir mundur.Parkir itu maksudnya posisi kaca depan menghadap ke jalan atan bagasi menghadap ke belakang.FYI saat parkir seri di mall, memang sebaiknya pakai yang model mundur (bagasi menghadap ke belakang).

Baca Juga: Jangan Coba-Coba Palsukan Nopol, Polisi Hafal Mati Mana yang AsliMenurut Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana dikutip dari Kompas.com, bahwa parkir dengan posisi kepala menghadap ke jalan adalah sebuah keharusan. Cara ini membuat sudut pandang pengemudi kepada situasi sekitar jadi lebih baik."Mobil yang parkir mundur, ketika akan keluar dia memiliki sudut pandang yang luas karena menghadap keluar," jelas Sony Susmana.

Baca Juga: Beli Mobil Baru Sebaiknya Jangan Diterima Kalau Kirimnya Malam Hari, Simak Alasannya

"Pengemudi juga mengamati lalu lintas lebih mudah," lanjutnya.

Selain itu terkait safety, yakni bila ada kondisi darurat kamu bisa lekas dan mudah mengeluarkan mobil dari lokasi parkir(*)

Source : Kompas.com

Editor : Octa Saputra

Baca Lainnya

Latest