Follow Us

Motor Matik Rentan Alami Rem Blong di Jalanan Menurun, Begini Cara Antrisipasinya

Octa Saputra - Senin, 13 Desember 2021 | 23:05
Andalkan rem depan saja di jalanan menurun, motor matik rentan alami rem blong (ilustrasi)
Otofemale.ID/octa saputra

Andalkan rem depan saja di jalanan menurun, motor matik rentan alami rem blong (ilustrasi)

Otofemale.ID - Hadapi jalanan yang menurun, motor matik rentan alami rem blong.

FYI, rem blong pada motor matik bisanya dipicu oleh 2 hal.

Pertama adalah akibat dari kampas rem yang sudah aus.

Baca Juga: Oli Mesin Motor Palsu Banyak Beredar Dipasaran, Ini Kata Penjual

Dan perangkat rem yang alami overheat, bisa picu rem blong.

Khusus untuk perangkat pengereman alami overheat, kuy lebih tahu penyebabnya.Saat melintasi jalanan menurun, pengendara motor matik pastinya melakukan pengereman terus menerus.

Namun sangat disayangkan, kalau pengereman yang dilakukan hanya mengandalkan 1 saja (biasanya bagian depan saja).Asal tahu saja nih ya, melakukan pengereman terus menerus di jalanan menurun hanya akan membuat rem alami overheat.Bagian rem yang overheat karena terus-terusan dipakai, diantaranya adalah piringan alias cakram dan perangkat piston yang ada di kaliper.

Baca Juga: Isi Bensin Motor Matik Full TankTernyata Ada Batasnya, Sudah Tahu?Saat cakram rem depan alami overheat, maka permukaannya jadi licin.Nah sedangkan piston di kaliper rem jadi macet, saat terjadi overheating. Mengantisipasi rem blong di jalanan menurun, sangat disarankan untuk tidak hanya mengandalkan rem depan saja.

Baca Juga: Motor Matik Honda Scoopy Ada yang Baru, Harga Wow Deh PokoknyaSecara bergantian, rem depan dan belakang digunakan untuk menahan laju motor matik di turunan.Selain itu, gunakan engine brake pada motor matik dengan cara menahan grip gas di putaran mesin rendah(*)

Editor : Octa Saputra

Baca Lainnya

Latest