Follow Us

Doyan Matikan Mesin Mobil dalam Kondisi AC On, Jangan Gitu Lain Kali

Octa Saputra - Senin, 03 Januari 2022 | 23:07
AC mobil off-kan dulu sebelum mesin mobil dimatikan (ilustrasi)

AC mobil off-kan dulu sebelum mesin mobil dimatikan (ilustrasi)

Otofemale.ID - AC masih dalam kondisi on, mesin mobil sudah dimatikan.

Masih ada yang melakukan hal seperti di atas?

Asal tahu saja yah, biarkan AC tetap hidup saat mematikan mesin mobil bisa nyenggol aki.

Soalnya beban listrik jadi besar saat nanti kali pertama mesin mobil hendak dihidupkan.

Baca Juga: Bisa Bikin Ban Mobil Benjol, Jangan Lakukan Hal Ini Saat Parkir

"Kalau saat starter AC juga hidup beban listrik yang dibutuhkan akan menjadi sangat besar," jelas Deden Sopian Technical Leader Tunas Toyota Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Dampaknya, apalagi jika mobilnya sudah tergolong tua, bisa menyebabkan mobil malah gagal dihidupkan.Pasokan listrik dari aki tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik untuk menyalakan mesin dan AC sekaligus.

Sialnya lagi, kalau akinya sudah jelek, arus listrik yang disimpan bisa langsung terkuras habis.Untuk mencegahnya sebelum mematikan mobil, matikan dulu AC, head unit, dan lampu.Saat mau menghidupkan, lakukan pengecekan apakah AC, head unit, dan lampu dalam keadaan mati.

Baca Juga: Pengemudi Jangan Maksa, Segera Istirahat Kalau Sudah Mengemudi Selama Ini

AKI BASAH & KERINGBeredar di masyarakat, aki itu ada yang model basah dan model kering.Soal perbedaan dari kedua model aki tersebut, cekidot!Aki basah adalah aki yang diisi dengan cairan asam belerang atau disebut juga sulfuric acid.Namanya aki kering atau juga disebut Maintenance Free Battery, bukan berarti nggak ada cairannya.

Di dalam aki kering terdapat cairan elektrolit atau gel yang sudah tersimpan di dalam dalam kondisi tersegel.Perbedaan lainnya dari aki basah dan kering adalah terkait dengan perawatan, harga dan teknologi.Pada aki basah, perawatan kudu dilakukan secara berkala dengan pengecekan kondisi air didalamnya.

Editor : Octa Saputra

Baca Lainnya

Latest