Follow Us

Motor Matic Yamaha NMAX Umur 5 Tahun Rp 17 Juta, Tambah Gopek Dapat yang ABS

Octa Saputra - Kamis, 27 Januari 2022 | 21:49
Ilustrasi Yamaha NMAX bekas
istimewa

Ilustrasi Yamaha NMAX bekas

Otofemale.ID - Yamaha pada konsumennya, berikan 2 pilihan motor matic Yamaha NMAX dengan ABS dan Non ABS.

BTW yang belum tahu ABS (Anti-Lock Braking System), merupakan fitur untuk keselamatan berkendara yang adanya di sistem pengereman ban depan.

Motor matic dengan menggunakan sistem ABS, maka saat pengereman mendadak tidak terjadi istilahnya ban nge-lock atau terkunci.

Dalam sistem pengereman yang non ABS, saat ngerem mendadak ban depan akan terkunci.

Dan itu bisa mengakibatkan pengemudi tergelincir.

Cara kerjanya dalam bahasa teknis yang dilansir dari Gridoto.com adalah ketika sensor ABS tersebut mendeteksi ada roda yang mengunci, secara otomatis sensor tersebut akan mengirimkan sinyal ke modulator.Modulator itu kemudian memerintahkan piston rem untuk mengendurkan tekanan rem dari kaliper dalam kondisi tertentu.Sebaliknya, tekanan akan kembali naik dan normal ketika penguncian berkurang.Proses pengurangan, penahanan, dan peningkatan tekanan fluida ini, berlangsung sangat cepat, yaitu sekitar 15-50 kali per detik.

Baca Juga: Kaca Helm Rawan Baret, Kalau Basah Akibat Hujan Cara Bersihkannya Begini

Sehingga roda tidak akan terkunci saat terjadi pengereman mendadak.Dengan miliki motor matik yang sudah ada ABS-nya, saat melakukan rem mendadak akan terasa tuh handle rem maju mundur atau getar secara otomatis dengan frekuensi yang sering dan cepat.Motor matic Yamaha NMAX berfitur ABS, hargaya leboh mahal dari yang non-ABS.Namun tenang saja, kalau urusannnya dengan motor bekas beda harganya tidak jauh.Contohnya pada motor matic Yamaha NMAX keluaran 2017.Melansir dari Pricelist GridOto.com, harga Yamaha NMAX tahun 2017 bekas tipe Non ABS Rp17.000.000. Nah kalau yang menggunakan ABS, Yamaha NMAX 2017 dibanderol Rp17.500.000(*)

Source : GridOto.com

Editor : Octa Saputra

Baca Lainnya

Latest