Follow Us

Kap Mesin Mobil Dibuka Saat Istirahat di Rest Area Jalan Tol, Perlu Tidak Sih?

Octa Saputra - Kamis, 05 Mei 2022 | 20:02
Istirahat di rest area jalan tol, kap mesin perlu dibuka?
Otofemale.ID/octa saputra

Istirahat di rest area jalan tol, kap mesin perlu dibuka?

Otofemale.ID - Saat beristirahat di rest area jalan tol, ada perilaku menarik yang dilakukan oleh pemilik mobil.

Memang perilaku menarik itu, pemilik mobil tidak semuanya melakukan.

Perilaku yang dimaksud adalah membuka kap mesin, saat mobil berhenti di rest area jalan tol.

Bisa jadi membuka kap mesin mobil saat beristirahat di rest area jalan tol, dianggap dapat membantu pendinginan mesin setelah menempuh perjalanan jauh.

Apakah anggapan buka kap mesin setelah lakukan perjalanan jauh, memang bisa membantu proses pendinginan?

Ternyata menurut Didi Ahadi selaku Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota-Astra Motor (TAM), hal tersebut tidak membuat mesin mejadi lebih cepat dingin."Kalau membuka kap mesin yang lebih cepat dingin mungkin hanya bagian luarnya saja, sedangkan bagian dalamnya kan masih tetap panas.

Jadi menurut saya sih enggak berpengaruh signifikan," menurutnya dilansir dari Otoseken.ID.Ia menambahkan, selama mesin tak mengalami overheat, pemilik mobil sebenarnya tak perlu khawatir dan tak perlu melakukan tindakan apapun.

Baca Juga: Tulisan Unik Pemotor Saat Perjalanan Mudik, Ada yang Bikin Baper

Sebab, mesin mobil nantinya akan dingin dengan sendirinya."Selama sistem pendinginan mobil seperti radiator, reservoir dan kipasnya tidak mengalami masalah, sebaiknya pengguna mobil tidak perlu melakukan apapun," ucap Didi.Lagian, buka kap mesin selama di rest area bikin pengendara harus menungguinya.Kalau tidak ditunggui, maka bisa jadi incaran orang-orang yang tak bertanggung jawab.Pasalnnya dengan membuka kap mesin, maka sistem alarm mesti dimatikan.Kondisi seperti ini, juga bikin supir tidak bisa beristirahat secara maksimal.Belum lagi, waktu istirahat di rest area selama musim mudik lebaran yang hanya 30 menit saja(*)

Source : Otoseken.id

Editor : Octa Saputra

Baca Lainnya

Latest