Follow Us

SUV Honda HRV Terbakar Sampai Tinggal Rangka, Ingat Lagi Pentingnya APAR

Octa Saputra - Kamis, 12 Mei 2022 | 11:59
Mobil terbakar di ruas tol dalam kota Jakarta, arah menuju Cawang.
@tmcpoldametro

Mobil terbakar di ruas tol dalam kota Jakarta, arah menuju Cawang.

Otofemale.ID - Satu unit mobil terbakar di ruas tol dalam kota arah Cawang, Jakarta Selatan.

Dari akun @tmcpoldametro, ada video dan gambar kondisi mobil yang terbakar.

Sampai akhirnya api bisa dipadamkan oleh petugas damkar, kondisi mobil hanya tinggal rangkanya saja.

Menilik dari komentar netizen, mobil yang terbakar merupakan SUV Honda HR-V.

Banyak kejadian mobil yang alami insiden kebakaran, ada baiknya kalau pemilik lebih sadar akan pentingnya ketersediaan APAR atau Alat Pemadam Api Ringan.

FYI APAR didalam mobil dimasukkan sebagai alat pertolongan pertama dan ketersediaannya diatur dalam Pasal 57 ayat (3) UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ.

Dalam pasal tersebut diterangkan beberapa barang yang wajib ada dalam mobil.Di antaranya, sabuk keselamatan, ban cadangan, segitiga pengaman, dongkrak, pembuka roda, helm, dan rompi pemantul cahaya bagi pengemudi kendaraan bermotor beroda empat atau lebih yang tidak memiliki rumah-rumah, serta peralatan pertolongan pertama pada kecelakaan lalu lintas.Bagi yang tidak perduli dengan aturan tersebut, maka bisa kena sanksi Pasal 278 (pidana 1 bulan kurungan atau denda Rp 250.000.

Baca Juga: Kabin Mobil Panas Langsung Nyalakan AC Ternyata Bisa Picu Kanker, Sudah Tahu?

APAR DRY POWDER

Ada 3 kelas kebakaran yang bisa diatasi dengan hanya menggunakan APAR dry powder.

- Kebakaran Kelas AIni merupakan kelas kebakaran yang dikarenakan oleh bahan-bahan padat non-logam seperti kertas, plastik, kain, kayu, karet dan lain sebagainya.Jenis APAR yang cocok : Water, Foam dan Dry Powder.- Kebakaran Kelas BDi Kelas B ini, kebakarannya dipicu oleh bahan-bahan cair yang mudah terbakar seperti minyak (bensin, solar, oli), alkohol, cat, solvent, methanol dan lain sebagainya. Jenis APAR yang cocok : CO2, Foam dan Dry Powder.- Kebakaran Kelas CInstalasi listrik yang bertegangan jadi pemicu kebakaran Kelas C.Jenis APAR yang cocok : CO2dan Dry Powder(*)

Editor : Octa Saputra

Baca Lainnya

Latest