Follow Us

facebookinstagramyoutube_channeltwitter

Tips Harian Motor Matic, 4 Cara Merawat Aki Biar Umur Pakai Panjang

Octa Saputra - Jumat, 19 Agustus 2022 | 23:31
Ilustrasi bahaya baut aki motor yang sudah dalam kondisi slek atau berkarat.
dok. motorplus-online.com

Ilustrasi bahaya baut aki motor yang sudah dalam kondisi slek atau berkarat.

Otofemale.ID - Nyalakan mesin motor matic, tinggal pencet fitur electric starter dan greng.

Fitur electric starter pada motor matic, bisa jalankan fungsinya dikarenakan ada support dari part yang namanya Aki.

Seperti diketahui, aki motor matic itu miliki funsi sebagai penyuplai daya listrik ke komponen di motor.

Dengan mendapatkan suplai daya listrik dari aki, maka fitur elektric starter bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Agar matic selalu tokcer dalam urusan suplai daya listrik, maka merawat aki perlu dilakukan.

Setidaknya ada 4 cara merawat aki motor matic yang bisa dilakukan sendiri.

Dan melakukan perawatan aki ini, umur pakainya jadi panjang.

1. Panaskan mesin motor

Dilansir dari Astramotor.co.id, pastikan melakukan ritual memanaskan mesin.

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) menyarankan durasi memanaskan mesin itu 3-4 menit.

"Dengan kondisi sekarang, para pemilik sepeda motor sebaiknya memanaskan sepeda motornya selama 3-4 menit untuk menjaga kualitas aki sehingga tetap memberikan suplai arus listrik ke part komponen kelistrikan sepeda motor dan menyimpan energi listrik dengan baik".

2. Cek bagian terminal +/- Aki

Pastikan selalu terminal +/- pada aki dalam kondisi bersih dari jamur.

Kalau sampai berjamur, dapat menghalangi aliran arus listrik baik dari baterai ke sistem kelistrikan maupun sebaliknya.

Baca Juga: Tips Harian Motor Matic, Cara Pengereman yang Benar Newbie Harus Tahu

Untuk cara bersihkannya, cukup dengan air panas dan gosok pakai sikat kawat.

Agar jamur tidak datang lagi, terminal aki yang sudah bersih bisa diberi grase.

3. Baut di Terminal Aki jangan kendor

Pada terminal aki baik yang + atau -, ada baut pengikatnya.

Baut pada terminal aki itu selalu pastikan dalam kondisi tidak kendor.

Kalau sampai kendor, bisa pengaruhi sirkulasi arus listrik yang keluar maupun masuk ke aki.

4. Air aki jangan sampai kurang

Pada aki model basah, terdapat cairan di dalamnya.

Cairan dalam aki itu, jangan sampai kurang dari batas yang sudah ditentukan.

Coba cek, di bagian kiri atau kanan atas aki, ada batas lower dan high untuk air aki.

Segera lakukan pengisian ulang, kalau air aki suda menyentuh batas lower atau bahkan lebih(*)

Editor : Otofemale

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular

x