Follow Us

Tips Harian Mobil Matic, Tahu Kapan Spooring Balancing Dilakukan

Octa Saputra - Kamis, 01 September 2022 | 20:57
Cara tahu kapan mobil matic waktunya spooring dan balancing (ilustrasi)
Otofemale.ID/octa saputra

Cara tahu kapan mobil matic waktunya spooring dan balancing (ilustrasi)

Otofemale.ID - Tiap hari dipakai lewati jalanan yang kodisinya beragam, mobil matic wajib lakukan spooring dan balancing.

Itu dikarenakan setingan kaki-kaki alami perubahan dari standarnya yang dipicu oleh kondisi jalan yang dilewati.

Ban depan jadi bagian dari kaki-kaki mobil yang alami perubahan setingan gegara kondisi jalan.

Dan karena setingan dari standarnya berubah, maka bikin kenyamanan berkendara jadi berkurang dan kurang safety.

Mengembalikan setingan kaki-kaki mobil kembali ke standarnya, maka dilakukan spooring dan balancing.

BTW dalam kondisi pemakaian normal, mobil matic perlu spooring dan balancing setelah menempuh jarak 20.000 km.

Selain dengan menggunakan patokan jarak tempuh, mobil matic waktunya spooring dan balancing juga bisa dikenali dari beberapa hal ini :1. Setir bergetar pada kecepatan tertentu.2. Mobil seakan berbelok sendiri padahal sedang melaju lurus ke depan, atau selalu bergerak ke arah tertentu.3. Saat pengendalian setir saat dibelokkan nggak mau kembali berputar pada posisi semula saat dilepaskan.4. Gejala lainnya, jika mobil yang sedang dikendarai seperti berjalan miring.5. Permukaan ban sudah nggak rata atau aus, bisa di salah satu atau keduanya.

Baca Juga: Tips Harian Mobil Matic, Cara Cuci Mobil Sendiri yang Aman dari Water Spot

6. Saat dipakai parkir, walau itu parkir di tempat datar dan lurus tapi rodanya ada yang miring.7. Ban bagian belakang nggak sejajar lurus dengan bagian depan.8. Amati ban mobil belakang, apakah tergeser dan nggak presisi dari tempatnya semula. SPOORING & BALANCINGSpooring adalah alignment atau proses pada mobil untuk meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil seperti awal, sesuai dengan settingan pabrik.Biasanya dua roda depanlah yang akan diluruskan dan diatur agar kembali seperti sedia kala.Sedangkan balancing adalah penyesuaian atau upaya menjaga keseimbang pada titik atas bawah atau kiri kanan roda dengan cara menambahkan timah pada bagian yang kurang.Kebanyakan balancing dilakukan setelah penggantian ban atau velg, dan jika kilometernya sudah mencapai batas untuk balancing(*)

Editor : Octa Saputra

Baca Lainnya

Latest