Follow Us

Mobil Pecah Ban di Tol Bisa Picu Kecelakaan Fatal, Yuk Kenali Penyebabnya

Octa Saputra - Jumat, 09 Desember 2022 | 20:11
Toyota Avanza kelar alami pecah ban di ruas tol Jombang-Mojokerto
TribunJatim.com/Istimewa

Toyota Avanza kelar alami pecah ban di ruas tol Jombang-Mojokerto

Otofemale.ID - Pecah ban terjadi pada mobil Toyota Avanza saat melaju di jalan tol.

Akibat alami pecah ban, Toyota Avanza bernopol D-1394-AAM itu langsung terpelanting.

Kejadian di ruas jalan tol Jombang-Mojokerto (Jomo), Jawa Timur (Jatim) sekitar KM 713+100/A dibenarkan Kanit Laka Satlantas Polres Mojokerto, Ipda Lukman Bason (7/12/2022).

"Saat kejadian, Chabib (pengemudi Toyota Avaza) melaju dari arah Jombang menuju Surabaya," terang Ipda Lukman.

Seperti dikutip dari TribunJatim.com, kecelakaan fatal itu membuat satu orang meninggal dunia.

Berkaca pada kejadian pecah ban di jalan tol yang bisa picu kecelakaan fatal, yuk kenali penyebabnya.

1. Tekanan angin ban kurangAnggapan bahwa ban akan meledak ketika tekanan anginnya berlebih, itu hanyalah mitos belaka.Sebab saat tekanan angin ban berlebih, dinding ban akan berada pada posisi tegang.Beda cerita kalau ban dalam kondisi kurang tekanan angin.Hal ini disebabkan pergerakan dinding ban yang begitu sering, membuat kawat baja menjadi mudah putus saat ban kekurangan tekanan angin.Gerakan dinding ban yang begitu sering inilah yang membuat ban dapat pecah ketika melaju di jalan bebas hambatan.2. Membentur lubang di jalanSelain suspensi, ban turut meredam tekanan yang diberikan ketika roda menghantam lubang jalan.

Baca Juga: Tips Harian Mobil Matic, Cara Gampang Merawat Aki Agar Tahan Lama

Dalam kecepatan tinggi, tekanan yang diberikan pada ban dapat membuat putusnya kawat baja pada ban atau sering disebut masyarakat awam dengan "ban benjol", baik pada dinding maupun telapak ban.Bila hal ini yang terjadi, maka potensi ban pecah semakin besar, dan ban pecah dapat terjadi sewaktu-waktu.Tak ada cara lain, untuk segera mengganti ban tersebut, sebelum nyawa menjadi taruhannya. 3. Kerikil terjebak di tapak banTapak atau kembangan ban dirancang untuk membuang air pada bagian tengah ban sehingga daya cengkeram ban di jalan basah akan meningkat.Sayangnya, celah ini kerap disusupi oleh kerikil jalanan.Apalagi bagi ban yang miliki pattern halus atau rapat.Bila dibiarkan, kerikil ini akan melukai ban dan membuat korosi timbul pada serat baja di dalam ban.Untuk itu, membersihkan kerikil atau benda tajam di sela-sela kembang ban perlu dilakukan secara berkala.4. Tambalan ban tidak benar atau baikTeknik tambal ban model tusuk atau string tubeless yang mensyaratkan memperbesar lubang bocor bisa menyebabkan serat baja pada konstruksi di dalam ban terputus.Dalam jangka waktu lama, kotoran jalanan dan air, akan membuat konstruksi serat baja ini mengalami korosi.Kondisi ini jelas kian memudahkan ban kehilangan tekanan angin secara tiba-tiba atau mengalami pecah ban ketika dipacu dalam kecepatan tinggi dan dalam waktu yang cukup lama(*)

Source : TribunJatim

Editor : Otofemale

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular