Follow Us

Jelang Libur Nataru 2022, Mobil Matic Lakukan Ini Agar Tidak Gagal Nanjak

Octa Saputra - Senin, 19 Desember 2022 | 14:35
Pengemudi mobil mesti hati-hati di jalan menanjak (ilustrasi)
Otofemale.ID/octa saputra

Pengemudi mobil mesti hati-hati di jalan menanjak (ilustrasi)

Otofemale.ID - Tujuan libur Nataru 2022 ke kawasan pengunungan, pengemudi mesti hati-hati jangan sampai gagal nanjak.

Seperti banyak diberitakan, jalur nanjak bisa jadi pemicu kecelakaan fatal.

Salah satunya seperti yang baru Minggu (18/12/2022) kemarin terjadi di jalur Pelabuhanratu, Sukabumi menuju ke Cikidang.

Satu unit mobil pikup, alami kecelakaan fatal diduga alami gagal nanjak.

Agar tidak alami kejadian seperti di atas, maka saat di kawasan jalan menanjak lakukan beberapa hal ini.

Pertama kalau tanjakannya tidak terlalu curam, masih bisa hanya dengan mengandalkan tuas transmisi di posisi D.

Namun saat dirasa mobil matic mulai tidak kuat (tanjakan curam), segera pindahkan gigi ke D1 atau L.

Jangan lupakan rem tangan, apalagi saat hadapi kondisi jalan yang mengharuskan stop and go.

FITUR HILL START ASSIST

Mobil jaman now, kebanyakan sudah memiliki fitur Hill Start Assist.

Fiturnya sama, pada mobil Suzuki menyebutnya sebagai Hill Hold Control.

Adapun fungsi utama dari fitur ini, mencegah mobil merosot di tanjakan.Oleh karena fungsinya mencegah mobil merosot di tanjakan, maka fitur ini berkaitan dengan pengereman.

Baca Juga: Jelang Libur Nataru, Bahaya Air Wiper Diisi Campuran Sabun atau Air Biasa

Adapun cara kerjanya, fitur keselamatan ini akan membaca posisi mobil ditanjakan dan saat pengemudi ngerem.Nah selanjutnya, kedua informasi tersebut dibaca oleh komputer dan kemudian akan menunda terlepasnya rem sesaat ketika kaki pengemudi berpindah ke pedal gas.Ingat hanya sesaat ya dan pengereman sesaat itu akan otomatis terlepas ketika mobil mulai bergerak maju.Secara mekanisme kerja, maka terlihat ada 2 sensor yang terlibat dalam penggunaan fitur Hill Start Assist.Sensor yang pertama adalah membaca kondisi mobil sedang ditanjakan (bagian depan mobil lebih tinggi dari belakang).Lalu sensor yang kedua adalah membaca kecepatan putaran roda.Sensor ini akan berikan informasi pada komputer untuk melepaskan rem secara otomatis, sesuai dengan tekanan pada pedal gas yang diberikan pengemudi(*)

Editor : Octa Saputra

Baca Lainnya

Latest