Cerita Mobil Dinas Rep-1 Milik Soekarno Zaman Dulu, Ternyata Berasal dari 'Curian'

Sabtu, 17 Agustus 2019 | 21:15
KOMPAS.com/HILEL HODAWYA

Mobil Rep 1, mobil kepresidenan pertama Soekarno. Mobil ini kini menjadi salah satu koleksi di Museum Joang 45, Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat.

Otofemale.id - Museum Joang 45 merupakan salah satu tempat di Jakarta yang menyimpan koleksi bersejarah jelang peringatan kemerdekaan Republik Indonesia.

Museum yang beralamat di Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat ini juga menyimpan mobil kepresidenan yang dipakai oleh Soekarno setelah menjabat sebagai Presiden RI pertama kali.

Mobil Rep-1 merupakan mobil bermerek Buick buatan Amerika tahun 1939. Mobil tersebut menjadi mobil pertama yang dimiliki Soekarno untuk menjalankan tugas kepresidenan.

Baca Juga: Super Unik! Nenek Ini Gunakan Hairdryer untuk Memperlambat Kecepatan Mobil

Ada cerita lucu di balik mobil tersebut. Berdasarkan informasi dari Pemandu Museum Joang 45, Untung Supardi, mobil Rep-1 awalnya adalah milik Kepala Departemen Perhubungan Jepang.

"Pada masa Jepang itu kan kita masih belum punya anggaran untuk beli mobil. Sedangkan terbentuknya negara baru berjalan satu bulan," kata Untung.

Untung menjelaskan, sahabat Soekarno yang bernama Sudiro mendekati sopir mobil Rep-1 yang sedang beristirahat, sementara sang pemilik sedang mengikuti rapat.

Sudiro merayu sang sopir secara diplomatis. Berkat rayuan itu, sang sopir pun memberikan kunci mobil tersebut kepada Sudiro.

"Dan sopirnya itu diberi uang 300 rupiah untuk kembali pulang ke Kebumen," jelas Untung.

Setelah kejadian itu, Sudiro melarikan mobil Buick ke rumah Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur no. 56.

Baca Juga: Nyetir Mercedez-Benz G63 AMG Ala 'Emak-Emak', Nagita Slavina: 'Ambil Sen Kiri Belok ke Kanan. Gue Barusan'

Setelahnya, mobil tersebut pun dipakai untuk pelaksanaan tugas Soekarno sebagai Presiden RI.

"Mungkin dia (pemilik mobil) tidak memikirkan tentara republik yang mengambil (mobil). Mungkin perhatiannya kepada sopirnya yang membawa kabur, entah dibawa kemana. Nah, mobil ini sebenarnya tersimpan di rumah Bung Karno," tambah Untung.

Selain Mobil Rep-1, Museum Joang 45 juga memamerkan Mobil Rep 2 yang digunakan oleh Mohammad Hatta dan mobil Imperial yang dipakai oleh keluarga Soekarno.

Saat didatangi pada Kamis (15/8/2019), mobil Rep-1 tidak disimpan di garasi bersama dengan kedua mobil lainnya.

Hal ini dikarenakan mobil tersebut akan dilibatkan dalam kegiatan napak tilas untuk memperingati kemerdekaan yang akan berlangsung Jumat (16/8/2019). (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Cerita Di Balik Mobil "Curian" untuk Bung Karno

Editor : Widyastuti

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya