Jangan Langsung Nyalakan Mesin! Ikuti Langkah Ini Kalau Mobil Ladies Terendam Banjir

Sabtu, 04 Januari 2020 | 14:50
Freepik/welcomia

Langkah yang harus dilakukan jika mobil terendam banjir.

Otofemale.id -Beberapa hari ini wilayah Jabodetabek sedang dilanda hujan yang berakhir dengan banjir.

Beberapa titik daerah pun menjadi pusat perhatian sebab genangan airnya cukup tinggi yaitu sampai sepinggang.

Bahkan beberapa foto atau pun video viral di media sosial di mana mobil dan motor sudah hanyut terendam oleh banjir.

Apakah mobil Ladies juga ikut terendam banjir? Kalau iya, hati-hati kondisi mesin akan semakin memburuk.

Baca Juga: Butuh Towing Buat Angkut Mobil Terdampak Banjir, Segini Loh Biayanya

Melansir dari tribunnews, ada beberapa langkah yang harus Ladies lakukan setelah mobil terendam oleh banjir.Langkah ini dilakukan untuk mencegah adanya kerusakan berarti pada kendaraan Ladies.

Berikut langkah pertama menangani mobil yang terendam banjir agar terhindar dari kerusakan:

1. Segera Lepaskan Kabel Negatif AkiLangkah awal yakni dengan mengamankan kelistrikan pada mobil.Cara dengan melepaskan kabel negatif di aki.Tentunya hal ini untuk menghindari korsleting yang berpotensi merusak komponen listrik pada mobil.Korsleting tersebut berpotensi merusak komponen mulai dari lampu hingga aksesoris audio.

Baca Juga: Banjir Mulai Surut, Miris Lihat Foto Bangkai Mobil di Jalanan Pondok Gede Permai2. Jangan Menyalakan MesinKetika banjir mulai merendam mobil, usahakan jangan coba untuk menyalakan mesin.Jika kamu menyalakan mesin ketika mobil tergenang, itu justru akan membuat air masuk ke dalam mesin.Selain menyebabkan korsleting pada aki, air juga akan membuat mesin tidak bekerja normal.Jika kamu berencana memindahkannya ke tempat lain, sangat disarankan untuk mendorongnya.

3. Ganjal MobilGunakan batu atau benda berat lainnya untuk mengganjal mobil.Banjir tidak hanya akan merusak mesin, tetap juga kampas rem. Genangan air akan membuat kampas rem memuai.Hal itu akan membuat rem melekat pada roda. Ini sering terjadi pada mobil dengan tromol.Oleh karena itu, segera lepas rem parkir dan gunakan ganjal untuk mempertahankan posisi parkir mobil.

Baca Juga: Mobil Kerendam Banjir, Begini Cara Konsumen Suzuki Bisa Dapat Towing GratisAgar lebih aman, masukkan perseneling ke gigi satu pada mobil manual. Untuk mobil matic, perseneling posisikan ke P.4. Cek Kondisi Oli dan Bahan BakarSaat banjir telah surut, sebaiknya hindari menyalakan mesin seketika itu juga.Sebelum menyalakan mesin sebaiknya cek terlebih dahulu kondisi oli dan bahan bakar.

Ada kemungkinan oli serta bahan bakar tersebut tercampur air setelah banjir. Sebaiknya ganti oli dengan yang baru.5. Bawa ke DealerMungkin cara tersebut akan berhasil pada sebagian kasus.Mobil akan berjalan dengan normal kembali.

Baca Juga: Penting Banget Nih, 2 Hal Ini Bisa Terjadi Kalau Nekat Nyalakan Mesin Motor Kelar Terendam BanjirNamun sebaiknya segera untuk membawa mobil ke dealer resmi atau bengkel terpercaya.Hal tersebut untuk melakukan pengecekan secara mendalam.

Artikel ini telah tayang di tribunnews dengan judul Tips Aman Menangani Mobil yang Terendam Banjir, Segera Lepas Kabel Aki dan Jangan Nyalakan Mesin

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Sumber : Tribunnews.com

Baca Lainnya