Menyalip Kendaraan Bisa Bikin Hilang Nyawa Bagi Pengendara Motor, Pakar Kasih Tipsnya

Selasa, 28 April 2020 | 15:40

Nyalip kendaraan lain itu bisa picu kecelakaan yang berakibat hilang nyawa.

Otofemale.id - Kelihatannya sih sepele, namun ladies yang kendarai motor jangan remehkan saat hendak menyalip kendaraan di depan.

Kecelakaan lalu lintas bisa terjadi saat ladiesn melakukan tindakan menyalip kendaraan.

Baca Juga: Ngabuburit Di Rumah Aja, Ladies Pengguna Skutik Honda BeAT Yuk Tahu Cara Memilih dan Rawat Sarung Tangan

Jangan dikira kecelakaannya ringan loh, menyalip kendaraan bisa bikin ladies kehilangan nyawa.

Nekat menyalip di tempat yang dilarang, miliki resiko yang cukup besar untuk alami kecelakaan.

Baca Juga: Ngabuburit di Rumah Aja, Bayar Pajak Skutik Honda PCX Via Aplikasi Samsat Online Nasional

Biar ladies enggak sembarang menyalip kendaraan lain yang bisa berakibat fatal, ada baiknya ladies pahami dan terapkan aturan menyalip di jalan raya untuk berkendara yang aman dan nyaman.Otofemale.id melansir Motorplus-online.com, berikut aturan menyalip yang tepat agar selamat sampai tujuan menurut Jusri Palubuhu, Chief Instructor Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

1. Jangan menyalip di tempat yang dilarangPertama, Jusri menjelaskan ladies enggak boleh menyalip kendaraan lain, di tempat yang dilarang."Seperti garis solid (tidak putus), tanjakan, turunan, depan sekolah, persimpangan, jembatan, zebra cross," jelas Jusri.

Baca Juga: Ngabuburit Di Rumah Aja, Tips Kendarai Motor yang Tepat Bagi Newbie Biar Lihai Hindari menyalip di tempat itu, karena selain dilarang, resiko menabrak pengguna jalan raya lain juga besar, semisal orang menyeberang.2. Filosofi Penting, Dibenarkan dan AmanYang kedua, adalah filosofi PDA atau Penting, dibenarkan dan Aman sebelum menyalip.

Baca Juga: Penting Banget Nih, Ini Nomor Hotline Untuk Laporkan Maling Motor"Sebelum menyalip, kita perhatikan dulu apakah penting kita menyalip kendaraan lain?" buka Jusri.Lalu soal dibenarkan, ini soal apakah ladies bisa menyalip sesuai peraturan, dan enggak melanggar aturan seperti marka jalan tidak putus.

"Lalu Aman, semisal kita mau menyalip di tikungan blindspot atau tidak terlihat ujungnya, kan bahaya, jadi jangan menyalip," jelas Jusri.Jusri menjelaskan, biarpun sudah penting dan dibenarkan, namun enggak aman, jangan menyalip, karena rawan terjadi kecelakaan.Yang perlu diingat oleh ladies ketika kendarai sepeda motor di jalan yang terpenting adalah keselamatan bukanlah kecepatan, jadi jangan biasakan untuk menyelip agar cepat sampai tempat tujuan tapi biasakan berangkat lebih awal agar bisa sampai dengan selamat.

Editor : Octa

Sumber : Motorplus-online.com

Baca Lainnya