Ngabuburit Di Rumah Aja, Yuk Cek Rutin Aki Biar Nggak Meledak

Selasa, 12 Mei 2020 | 15:12
ryan/gridoto.com

perhatikan kuantitas air aki

Otofemale.id - Tiap kali ladies buka kap mesin, maka salah satu part yang kelihatan banget disitu adalah baterai atau aki.

Part yang namanya aki ini punya fungsi menyimpan tenaga listrik dan kemudian menyalurkannya kepada yang membutuhkan.

Baca Juga: Ngabuburit Di Rumah Aja, Cuci Mobil Sendiri Pastikan di Tempat yang Teduh

Miliki fungsi penting di mobil, maka secara rutin aki harus dilakukan pengecekan.

Sambil ngabuburit di rumah aja, yuk lah mari cek and ricek kondisi aki mobil.Nggak usah kuatir dan takut, cuman ada 2 bagian saja kok yang diliatin dan pegang-pegang dikit.

Baca Juga: Parkir Mobil di Bawah Pohon Rindang Bukan Solusi Hindari Sinar Matahari, Kenali Resiko dan Masalahnya

1. Air akiPada jenis aki basah atau yang harus diisi dengan air aki, maka ada indikator garis yang bertuliskan upper dan lower.Indikator garis pada aki itu berfungsi sebagai batas normal banyaknya air aki.

Kalau air aki ada di indikator lower maka segera lakukan pengisian air aki, agar performanya tetap terjaga.Namun perlu juga diingat, bahwa mengisi air aki itu jangan sampai terlalu penuh.

Baca Juga: Hendak Belok Nyalakan Lampu Sein Jangan Dadakan, Begini SeharusnyaPengisian air aki cukup sampai batas antara tulisan upper dan lower saja.Terlalu penuh mengisinya, bikin air aki keluar dan bagian yang terkena cipratannya bisa korosif serta karatan.

Baca Juga: Ngabuburit Di Rumah Aja, Cairan Campuran Bakso Bisa Bikin Spion Mobil KinclongSelain itu, mengisi air aki terlalu penuh akan membuat berat jenisnya mengalami penurunan dan mengakibatkan mobil susah distarter.Oh ya, untuk isi ulang air aki cukup pakai yang botor biru ya.

2. Kepala akiSelain air, kepala aki juga harus rutin dicek untuk memastikan selalu terjaga kekencangannya.Bila sampai kepala aki yang kendur akan membuat banyak efek efek negatif yang akan mempengaruhui kemampuan aki.Tak hanya mempengaruhi performa aki, umur pakai aki juga bisa terpengaruh gegara kepala aki kendur.Pasalnya pengisian aki jadi nggak maksimal, sehingga aki akan mudah tekor atau soak.Kepala aki yang kendur khususnya di kutub positif, juga bisa timbulkan percikan api saat mesin distarter."Bahkan kalau terlalu kendur percikan aki tersebut bisa membuat aki meledak, ini sangat bahaya," tegas Syahrudin, Battery Technical Advisor PT Astra Otoparts yang dilansir Otofemale.id ari Gridoto.com.

Tag

Editor : Octa