Wajah Terasa Gatal Akibat Jerawat Itu Normal Kok, Ini Loh Penyebabnya

Rabu, 05 Agustus 2020 | 22:11
Skinkraft.com

Kulit gala karena jerawat (Ilustrasi)

Otofemale.id - Munculnya jerawat di wajah memang bisa menimbulkan banyak reaksi, salah satunya yaitu rasa gatal. Yaps, beberapa dari ladies mungkin pernah atau bahkan sering merasakan gatal pada jerawat.
Baca Juga: 3 Sabun Pembersih Wajah Berlabel Halal, Untuk Mencerahkan Kulit Wajah KusamMungkin banyak ladies juga yang penasaran apakah reaksi tersebut normal atau membahayakan kulit. Tapi untungnya, itu adalah reaksi yang normal dan tidak membahayakan untuk kulit kok ladies.
Baca Juga: Makeup Bikin Masker Rentan Terkontaminasi Virus Corona, Ini Kata AhliHanya saja jerawat yang gatal bikin tangan bawaannya pengen garuk, tapi harus ditahan karena itu bisa membuat jerawat semakin parah.Penyebab jerawat yang gatal pun terbilang wajar saja, sehingga enggak ada yang perlu dikhawatirkan.
Berikut adalah 5 hal yang menyebabkan jerawat terasa gatal melansir dari SehatQ.com.1. Reaksi obat jerawatJerawat yang terasa gatal bisa diakibatkan oleh efek samping dari penggunaan obat jerawat yang menimbulkan beberapa reaksi.Reaksi obatnya yaitu membuat jerawat jadi terasa gatal, kering, memerah, dan mengelupas.
Baca Juga: Bikin Kulit Wajah Anti Kusam dan Kasar, Lakukan 6 Rutinitas Ini di Pagi HariKandungan obat jerawat yang biasanya mengakibatkan reaksi itu adalah benzoil peroksida, asam salisilat, dan retinoid.2. Jerawat akan sembuhJerawat yang terasa gatal serta efek samping lainnya dari penggunaan obat jerawat juga bisa menjadi pertanda kalau jerawat akan segera sembuh.
Pada saat proses penyembuhan, kulit yang memerah serta pustular akan mengelupas dan digantikan dengan kulit baru yang lebih sehat.Sel-sel kulit kering, bersisik, dan mati yang mengelupas itu pun menjadi pertanda jerawat dalam masa penyembuhan dengan menimbulkan efek rasa gatal pada jerawat.3. Wajah berkeringatKetika wajah berkeringat, produksi minyak pun ikut bertambah dan membuat pori-pori kulit jadi tersumbat.
Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Bikin Rambut Anti Rontok dan Ketombe Meski Pakai HijabKemudian munculah pertumbuhan bakteri jerawat sehingga menyebabkan rasa gatal pada kulit disekitar jerawat.4. Sinar matahariSinar matahari juga bisa bikin jerawat jadi terasa gatal akibat adanya reaksi pada kulit yang terpapar itu.
Memang belum ada buktinya, namun reaksi gatal itu bisa saja muncul karena sistem imun dalam tubuh salah mengenali senyawa yang diserap oleh kulit dari sinar matahari.Kemudian tubuh mencoba melindungi diri dari senyawa yang asing tersebut sehingga menimbulkan reaksi salah satunya kulit jerawat jadi terasa gatal.
Baca Juga: Wajah Berminyak Makin Mengkilap, Pasti Ladies Lakukan 5 Kesalahan ini5. Jerawat kistikJenis jerawat ini terbentuk karena adanya penumpukan minyak dan sel kulit mati di jaringan kulit dalam.Kemudian timbullah peradangan di jaringan kulit dalam dan menyebabkan jerawat menjadi besar.Saat jerawat membesar dan terlihat merah, kulit sekitar jerawat pun bisa menjadi gatal.

Editor : Octa

Sumber : sehatQ

Baca Lainnya