Otofemale.id - Tukang tambal ban pinggir jalan, pasti jadi tujuan ladies manakala merasa ban kurang angin.
Nah kemudian, si tukang tambal bannya lakukan eksekusi dengan mengisi angin dari kompresor ke ban.
Baca Juga: Naik Motor Jangan Nyalip Ditikungan, Ahlinya Bilang Begini
Ada yang pakai alat ukur untuk memastikan berapa banyak tekanan angin yang masuk.
Tapi ada juga yang pakai feeling dengan menyentil ban dan suara yang ditimbukan jadi patokan angin sudah seuai atau belum.
Baca Juga: STNK SIM Hilang, Begini Cara Mengurus dan Biaya yang Disiapkan
Sebenarnya, perlakukan tukang tambal ban yang kedua jangan sampai terjadi.
Pasalnya baik kekurangan ataupunkelebihan anginpada ban motor, bisa merugikan.
Baik kurang angin maupun kelebihan, membuat permukaan ban yang menempel di aspal jadi lebih sedikit.
Dan itu ujung-ujungnya malah membahayakan diri sendiri.
Baca Juga: Naik Motor Bikin Rambut Lepek dan Bau Gegara Pakai Helm, Ladies Harus Lakukan Ini
Tekanan angin untuk ban depan dan belakang di motor yang perlu kalian perhatikan dengan benar.
Petunjuk tekanan angin ban motor sendiri sudah dicantumkan oleh pabrikan di buku petunjuk dan stiker yang menempel di motor.
Baca Juga: Ban Motor Matik Harga Mulai Dari Rp 105 Ribu, Seperti Ini Pilihannya
Pengisian tekanan angin ban yang dipakai di Indonesia sendiri pakai satuan Psi atau singkatan dari pound per square inch.
"Untuk ban ukuran pelek 12 sampai 17 inci di motor bebek atau matic ini tekanan anginnya rata-rata di angka 28-30 Psi di depan," terang Arie Soetrisno, staf bengkel Ree Ban Motor, Lebak Bulus, Jakarta Selatan seperti dilansir Otofemale.id dari Gridoto.com.
Dan dilanjutkan kemudian oleh Arie bahwa untuk ban belakang bebek dan matic di angka 33 Psi.
Hanya sebagai patokan, tekanan yang direkomendasikan pabrikan untuk tiap model motor bisa terdapat perbedaan.
Supaya lebih akurat, kalian tetap perlu melihat buku petunjuk penggunaan motor stiker tekanan angin ban atau bertanya ke bengkel resmi.
Arie juga memastikan, pakai angin biasa atau nitrogen tekanan angin ban motor tetap sesuai dengan patokan depan belakang alias nggak ada bedanya.
Artikel ini sudah tayang di Gridoto.com, judul : Jangan Asal, Ini Patokan Tekanan Angin Ban Depan dan Belakang di Motor