Jakarta Hujan Lagi, Bahaya Kalau Air Wiper Diisi Campuran Air Sabun

Jumat, 02 Oktober 2020 | 16:30
octa saputra/Otofemale.id

Air wiper jangan pakai campuran air sabun.

Otofemale.ID - Air wiper jadi salah satu yang kudu dipastikan ketersediaannya, saat kondisi hujan seperti sekarang ini.

Hal tersebut dimaksudkan supaya visibilitas pengemudi mobil senantiasa terjaga.

Baca Juga: Bisa Bikin Mesin Jebol, Ladies Pengguna Mobil Matik Keywordnya Jangan Buru-Buru

Nah untuk air wiper, direkomendasikan diisi dengan washer fluid.

Jangan atau tidak sarankan mengisi air wiper dengan campuran sabun cuci.

Baca Juga: Karpet Mobil Bisa Dibersihkan Sendiri, Cukup Lakukan 3 Langkah Ini

Menurut Suhendra Hanafiah, Operation Manager PT Sarana Berkat kandungan sabun yang digunakan menciptakan busa yang menjadi masalah utama."Busa inilah yang bisa menjadi penyumbatan di selang dan nozzle washer wiper mobil," tekan Suhendra seperti ditulis GridOto.com.

Lanjut Suhendra, busa yang dihasilkan dari air sabun meninggalkan bekas residu partikel kotoran.Ketika busa yang dihasilkan mengering akan menjadi serpihan atau serbuk putih ketika dipegang.

Baca Juga: Awas Tangki Bensin Mobil Kemasukan Air, Kondisi Hujan seperti Ini Sebaiknya Hindari Isi Bahan Bakar"Serpihan ini akan terbawa air dan menumpuk di ujung nozzle yang bikin mampet air tidak keluar.Atau serpihan yang berkerak di dinding slang bikin penyempitan jalur air washer wiper," tambah Suhendra.

Baca Juga: Sebelum Kejadian, Kenalan Dulu Yuk dengan Aquaplaning Pemicu Kecelakaan Saat HujanSelain menyebabkan penyumbatan, penggunaan air sabun untuk washer wiper bisa merusak slang washer."Sabun menjadi indikator air bersifat asam, kalau bereaksi dengan karet bisa getas karena korosif," terang Suhendra.

WASHER FLUID TANPA BUSAAir wiper alias washer fluid jaman now, ada yang nggak berbusa.

Wealthy Screenwash merupakan contoh air wiper yang tanpa busa.

Arief Hidayat selaku CEO PT Welty Indah Perkasa (Wealthy Group) mengatakan, jangan memilih air wiper mobil yang mengandung busa.

Baca Juga: Avanza Terbalik Kelar Alami Ban Pecah, Perhatikan 5 Hal Ini Biar Nggak Alami Kejadian Serupa

"Di pasaran umumnya merek air wiper banyak yang mengandung busa.Padahal air wiper yang berbusa akan membuat seal karet di kaca mudah rusak," ujar Arief Hidayat.Selanjutnya juga dikatakan bahwa busa ini juga bisa meninggalkan bekas atau bercak di kaca dan cat mobil.

Arief menyebut, konsumen perlu memilih air wiper yang bisa memberikan pembersihan kaca secara maksimal."Sebenarnya bisa saja air wiper ini kami beri busa, cuma manfaatnya tidak ada.Karena itu produk kami yaitu Wealthy Screenwash tidak ada busanya sama sekali, tapi saat digunakan kaca bersih maksimal," sebutnya.

Baca Juga: Bukan Empty, E di Indikator Bensin Mobil Itu Artinya Mirip Lampu Kuning Traffic LightArief mengungkapkan, air wiper dari Wealthy juga bisa membersihkan noda membandel semisal kotoran dari serangga."Saat mengemudi di malam hari biasanya ada serangga yang tertabrak dan menempel di kaca.Dengan disemprotkan Wealthy Screenwash, noda dari serangga ini mudah dihilangkan dan akan terlepas" terangnya.

Arief menambahkan, harga Wealthy Screenwash diklaim sangat ekonomis untuk para pengguna mobil."Screenwash kami dijual dalam kemasan 40 mililiter, harganya murah sekitar Rp 12.500.Untuk penggunaannya, air wiper ini bisa dicampur untuk 3 liter air," tutupnya.(*)

Editor : Octa

Sumber : GridOto.com

Baca Lainnya