Awas Tangki Bensin Mobil Kemasukan Air, Kondisi Hujan seperti Ini Sebaiknya Hindari Isi Bahan Bakar

Senin, 28 September 2020 | 17:50
Mentalfloss.com

Wanita sedang isi bensin (Ilustrasi)

Otofemale.ID - Masuk bulan dengan akhiran Ber (September, Oktober, November dan Desembar) yang banyak orang identikkan dengan musim hujan.

Ladies yang kendarai mobil pribadi, saat hadapi musim hujan nggak hanya ngomong soal perawatan loh.

Baca Juga: Ingat Terus Aturan Wajib Pakai Masker Saat Kendarai Mobil, PSBB 2 Jakarta Diperpanjang 2 Pekan

Tapi juga ada hal-hal yang sebaiknya dihindari, tatkala kendarai mobil saat hujan mengguyur.

Salah satunya yang harus dihindari saat hujan turun adalah mengisi bensin di SPBU.

Baca Juga: Avanza Terbalik Kelar Alami Ban Pecah, Perhatikan 5 Hal Ini Biar Nggak Alami Kejadian Serupa

Terutama kalau kejadiannya hujan yang dertai dengan angin kencang.

Kenapa hindari isi bensin dalam kodisi hujan angin?

Dikutip dari Gridoto.com, isi bensin saat hujan deras diserti angin kencang bisa picu permasalahan.Seperti yang kita ketahui, bahan bakar haram hukumnya tercampur dengan air karena akan menimbulkan masalah pada mesin bila terisap.

Baca Juga: Bukan Empty, E di Indikator Bensin Mobil Itu Artinya Mirip Lampu Kuning Traffic LightHal ini disampaikan Samsudin, National Technical Service Astra Peugeot yang menyebutkan bahwa sebaiknya hindari mengisi bahan bakar saat hujan deras disertai angin kencang"Benar, musim hujan seperti ini kadang sulit diprediksi, kalau hujan ditambah angin kencang sebaiknya jangan isi bahan bakar," buka Samsudin.

Baca Juga: Care and Cheers : Jaga Visibilitas Berkendara Saat Musim Hujan, Kenalan Yuk Dengan Coating Kaca

Dijelaskan lebih lanjut oleh Samsudin, angin kencang akan membawa air hujan masuk ke dalam tangki saat mengisi bahan bakar dari nozzle.

Karena saat proses pengisian, ada celah yang bisa dimasuki oleh air hujan yang terbawa angin.

Bila air hujan terlalu banyak masuk ke dalam tangki saat proses pengisian, kemungkinan mobil bisa saja bermasalah seperti mesin brebet.BAHAYA AQUAPLANING SAAT HUJAN

Bahaya yang mengancam saat berkendara dalam kondisi hujan itu adalah aquaplaning atau juga disebut hydroplaning.Kenapa aquaplaning itu berbahaya? Pasalnya bisa bikin mobil tergelincir saat melaju.

Baca Juga: Kendarai Mobil Saat Hujan Punya Potensi Kecelakaan Tinggi, Makanya 5 Hal Ini Ladies Kudu Tahu Bahaya aquapaling makin tinggi, saat mobil melaju di jalan tol.Lalu apa sih aquaplaning itu?Aquaplaning adalah hilangnya traksi ban dengan permukaan jalan akibat terhalang genangan air di jalan.

Banyak pengendara masih kurang paham tentang aquaplaning dan sering melibas genangan air.Padahal, melewati genangan air dengan kecepatan tinggi sangat berbahaya.Faktor lain yang bisa menyebabkan ban kehilangan traksi saat melintasi genangan air di jalan adalah tekanan angin dalam ban terlalu tinggi dan ban sudah gundul.Aquaplaning memang hanya terjadi sepersekian detik, namun cukup berbahaya karena bisa membuat mobil bergeser ke luar jalur.(*)

Artikel ini sduah tayang di Gridoto.com, judul : Hindari Isi Bahan Bakar saat Hujan Deras Disertai Angin, Ini Alasannya

Editor : Octa

Baca Lainnya