Motor Sempat Terendam Banjir, Lakukan Ini Sebelum Dibawa ke Bengkel

Jumat, 19 Februari 2021 | 20:56
Dok. pribadi Bamsoet via Kompas.com

STNK rusak atau hilang akibat banjir, polisi siap bantu pengurusannya.

Otofemale.ID - Banjir di Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta saat ini sudah surut.

Meski demikian, ketinggian air masih 80cm dari yang sebelumnya mencapai 1,6 meter.

Sekretaris RW 04 Kelurahan Cipinang Melayu Eko Ariyanto yang memastikan kondisi banjir di lingkungannya itu.

Baca Juga: Fakta Penting Ganjil Genap di Bogor, Berlaku Hanya 9 Jam Saja

"Update sekarang sudah surut 80 cm dari sebelumnya 160 cm, beberapa warga juga sudah mulai membersihkan sedikit, tapi masih ada juga yang bertahan (mengungsi)," kata Eko dilansir dari Tribunnews.com di Pos RW 04 Cipinang Melayu, Jumat (19/2/2021).

Dengan ketinggian air yang sebelumnya mencapai lebih ari 1,5 meter, pastinya garasi terendam air.

Baca Juga: Care N' Cheers : Jakarta Diguyur Hujan, Ladies Ingat Lagi Batasan Motor Matik Terjang Banjir

Bagi pemilik motor yang kendaraannya terendam banjir dalam garasi, mesti hati-hati ya.

Jangan sekali-kali menyalakan mesin motor yang sempat kelelep banjir. Karena kalau dinyalakan kerusakannya bisa bertambah berat.Air yang melebihi ketinggian filter atau mesin, berisiko masuk ke dalam silinder, jika langsung dihidupkan berisiko water hammer.

Baca Juga: Nekat Terjang Banjir, Ladies Pengendara Skutik Wajib Tahu Dulu Beberapa Hal Ini Piston atau setang seher bisa bengkok dan harus turun mesin.Paling aman, motor yang sempat terendam banjir langsung bawa ke bengkel terdekat.Tapi kalau mau bongkar sendiri maka, langkah pertamanya adalah melepas busi.

Kemudian slah-slah atau engkol mesin motor agar air yang masuk ke dalam silinder bisa terbuang lewat lubang busi.Selain itu filter udara juga harus dibuka khawatir menyimpan air yang berisiko tersedot masuk ke dalam silinder.Minimal buka slang buntu di filter udara untuk membuang air yang masuk.Untuk motor matik, buang juga air yang ada di CVT, cara mudahnya lepas slang buntu di CVT.Slang buntu ini kalau dibuka untuk lewatnya alir yang di dalam CVT.Setelah itu buang semua oli yang ada di mesin, termasuk oli yang ada di girboks motor matik.Kemudian bilas dengan oli baru caranya setelah oli baru dituang mesin dihidupkan beberapa menit.(*)

Editor : Octa

Sumber : Tribunnews.com, Motorplus-online.com

Baca Lainnya