Otofemale.ID - Pada motor matik, nggak cuman slang bening secuil yang bikin penasaran.
Ada juga karet hitam dengan ujung pipih alias gepeng, yang juga timbulkan tanda tanya.
Fungsinya apa dan kok ujungnya gepeng?
Baca Juga: Motor Matik Honda BeAT Punya Warna Baru, Harganya Mulai Rp 16 Jutaan?
Kepala Bengkel AHASS Cibinong dan Megamendung Asep Suherman dilansir dari Kompas.com, mengatakan, karet hitam tersebut fungsinya hanya sebagai lubang pernapasan CVT.
"Fungsinya karet tersebut juga untuk menahan air masuk ke bagian CVT di saat melewati genangan air," ujar Asep.
Cara kerjanya saat mesin dihidupkan (ketika di putaran tinggi), maka angin yang dihasilkan oleh putaran CVT akan keluar bersamaan kotoran atau debu dari CVT.
"Sebenarnya, itu tidak rapat di ujungnya.
Ujungnya sobek, tapi berbentuk pipih.
Jadi, bisa terbuka saat ada tekanan angin dari dalam CVT," kata Asep.
Agar lubang hawa pernapasan ini tetap dapat bekerja secara optimal, maka penting untuk dilakukan pemeriksaan dan pembersihan secara rutin.
Baca Juga: Cara Cek Pajak Motor Hampir Kedaluwarsa, Bisa Sambil Rebahan Gaes
SLANG BENING SECUIL
Slang bening secuil di area cvt motor matik, nggak hanya pengendara cewek yang nggak tahu fungsinya.
Nggak semua pengendara motor matik cowok, juga tahu fungsi dari slang bening tersebut.
Baca Juga: SIM Motor Jadi 3 Golongan, Mau Bikin SIM C Baru Segini Biayanya
BTW posisi slang kecil ini sebenarnya gampang dilihat di motor matik yakni di bagian CVT sebelah kiri bagian bawah.Nah fungsi dari slang bening ini sebagai penutup lubang pembuangan bagian CVT motor matik.Sekaligus sebagai kantung untuk menampung aliran endapan air yang masuk ke area CVT. Artikel ini telah tayang di Kompas.com - Sering Disepelekan, ini Fungsi Karet Hitam di Bagian Bawah CVT Skutik