Jual Mobil Lawas untuk Beli Mobil Baru, Simak Kisah Mengenaskan Ini

Senin, 29 November 2021 | 21:47
carstore.com

Jual mobil sendiri, awas penipuan (ilustrasi)

Otofemale.ID - Bagi yang sudah memiliki mobil, menjualnya jadi salah satu cara yang dilakukan saat ingin boyong mobil keluaraan terbaru.

Nah untuk menjual mobil, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Seperti menjual sendiri langsung ke calon pembeli atau juga titip jual ke rekanan.

Baca Juga: Ertiga Ludes di Jalan Tol, Lagi-Lagi Diduga Hal ini Jadi Pemicu

Khusus untuk yang hendak jual mobil sendiri, pesannya hati-hati.

Jangan sampai kejadian seperti yang dialami pemilik Mitsubishi Pajero Sport ini, kamu alami.

Adalah cowok bernama Pradipta Aji Pradana (21) asal Solo yang tinggal di Desa Madegondo, Grogol, Sukoharjo si pemilik mobil tersebut.

Kisahnya, Pradipta yang hendak dijual mobil bernopol B 1937 PJO miliknya malah raib digondol calon pembeli.

Kapolsek Grogol AKP Dodiawan melalui Kanit Reskrim Ipda Didik Yuli mengatakan kejadian itu terjadi pada Jumat (26/11/2021) di sekitar Kantor Bank BCA Solo Baru.Dia menjelaskan, Pajero itu dibawa lari calon pembeli saat terjadi kesepakatan harga diantara pria itu dan pembeli yang mengaku bernama Susilo Pujo.

Baca Juga: Budget Rp 90 Juta Mau Cari Mobil 7 Penumpang Matik, Bisa Dapat yang Keluaran 2018 NihPajero itu ditawarkan Pradipta dengan harga Rp 395 juta.Si penipu bahkan menawar harga itu Rp 500 ribu, agar penyamaran lebih rapi.Menurutnya, pelaku memang sudah mengkondisikan korban agar percaya.

Caranya, komunikasi dijalin sejak beberapa hari sebelumnyaSaat disinggung apakah pelaku menggunakan modus hipnotis untuk mengelabui korbannya, Didik menyebut bahwa berdasarkan penyelidikannya, pelaku hanya memanfaatkan kepercayaan si korban."Kalau untuk hipnotis kita tidak bisa menjawab demikian, bisa dikategorikan hipnotis itu bagaimana kita juga belum pernah melihat secara langsung," terang Kanit Reskrim.

Baca Juga: Wah Ertiga Suzuki Sport Terbaru Baru Sold Out di GIIAS, Ini Deretan Fitur CanggihnyaDidik menilai, pelaku sejak awal menggunakan kata-kata untuk membuat korban percaya, termasuk menggunakan nama palsu hingga akhirnya korban yakin bahwa pelaku memang benar-benar akan membayar mobil tersebut.Lebih jauh, Didik mengimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati jika hendak melakukan jual beli dengan orang baru agar tidak lagi terjadi hal serupa."Melihat calon pembeli harus lebih selektif, tidak mudah percaya dengan orang yang baru dikenal. Apalagi saat akan melakukan transaksi," jelasnya.

Dia pun mengatakan, pihak kepolisian juga akan selalu siap apabila dibutuhkan masyarakat ketika akan melakukan kegiatan jual beli serupa."Saat masyarakat membutuhkan, kita bisa hadir juga untuk pengamanan. Asal barang yang dijual resmi dan transaksinya sah, bisa kita dampingi," kata dia. (*)Artikel ini telah tayang di TribunSolo.com-Dicari Polisi : Pajero Sport Hitam B 1937 PJO, Dibawa Kabur Penipu Pura-pura Jadi Calon Pembeli

Editor : Octa Saputra

Baca Lainnya