Otofemale.id - Cewek pengguna mobil, tak jarang langsung matikan mesin dalam kondisi AC masih on.
Tak sedikit juga posisi AC masih on, saat hendak menyalakan mesin mobil.
Bolehkah perilaku seperti itu pada AC mobil?
Baca Juga : Renault Bawa Citarasa Eropa ke Indonesia, Akan Rilis Mobil Keluarga?
Dhaniar Nursetyo Harmono dari Auto2000 Permata Hijau, Jaksel mengatakan bahwa teknologi pada mobil jaman now, membuat perilaku seperti diatas nggak perlu dipermasalahkan.
"Beda cerita kalau mobilnya pakai teknologi jaman dulu atau masih yang masih pakai karburator.
Urutannya mematikan AC dulu baru kemudian matikan mesin dan AC dalam kondisi off saat mau nyalakan mesin," ungkap Dhaniar Nursetyo Harmono.
Selanjutnya Dhaniar juga mengingatkan bahwa perilaku AC dalam kondisi on saat mesin dimatikan atau ketika baru mau start butuh AKI yang performanya masih bagus.
Kalau AKI sudah mulai tekor atau soak, sebaiknya lakukan perilaku konvensional, yakni matikan AC dulu baru kemudian mesin mobil.
WAJIB LAKUKAN PERAWATAN AC BERKALA
Oke sekarang sudah yakin, kalau tidak masalah AC tetap on setelah mesin mobil dimatikan atau saat baru mulai start.
Masih seputaran AC, pemilik mobil wajib melakukan perawatan berkala biar kabin tetap dingin.
Baca Juga : Mobil Kecil Diincar Milenial, Honda Brio Laris Manis di Januari
Perawatan berkala yang wajib dilakukan menurut Technical Service Departement PT Denso Sales Indonesia Joko Pratikno, meliputi fresh service, light service, dan heavy service.
Dikutip Otofemale.id dari Kompas.com, perawatan fresh service itu seperti mengganti filter AC kabin dan pembersihan blower setiap 6 bulan atau setiap 10.000 km.
Baca Juga : Milenial Gandrung Dengan Mobil Kecil, Ini Pilihan yang 1.200cc
Perawatan light service, seperti penggantian dryer, oli komprespor, dan refrigant, minimal setiap 20.000 km atau satu tahun sekali.
Jenis perawatan heavy service, wajib dilakukan setiap kelipatan 40.000 km atau dua tahun sekali. Servis ini sama seperti servis besar pada mesin mobil.
CARA AWAM KENALI AC BERMASALAH
Setidaknya ada 4 ciri umum, terkait dengan AC yang bermasalah.
Dilansir dari laman Rotarybintaro.co.id, terdengar bunyi kasar saat AC baru on dan hilang saat AC off.
Baca Juga : Mobil Pribadi Pakai Rotator, Siap-Siap Diciduk Polisi
Ciri berikutnya adalah AC terasa kurang dingin saat RPM rendah dan berubah jadi dingin saat mobil melaju dikecepatan tertentu.
AC secara bertahap kehilangan sejuknya, ini jadi ciri adanya kebocoran yang membuat freon cepat habis (1-6 minggu).
Ciri AC bermasalah terakhir adalah saat kena macet tiba-tiba udara sejuk nggak keluar dari kisi-kisi AC di mobil.
Namun setelah AC dimatikan dan dihidupkan kembali, udara sejuk baru keluar.